4 Tempat di Mall yang Paling Banyak Kuman

by
November 28th, 2011 at 4:23 am

Mall memang menjadi salah satu tempat yang paling ramai dikunjungi orang saat libur dan akhir pekan. Itu artinya, mall juga bisa menjadi tempat yang tidak sehat. Kenapa? Karena kuman-kuman dan bakteri dari banyak orang akan berkumpul di situ.

Ada beberapa area atau tempat di mall yang ditengarai paling banyak berkumpulnya kuman penyakit. Di mana saja? Berikut jawabannya…

1. Toilet
Charles Gerba, Ph.D., Profesor mikrobiologi lingkungan di University of Arizona mengungkapkan, daerah palinh kotor di seluruh mall adalah  wastafel. Berbagai bakteri berkumpul di toilet atau wastafel mall yang ering digunakan banyak orang. Apalagi wastafel merupakan tempat yang lembab sehingga bakteri bisa bertahan lebih lama.

Sebaiknya, cucilah tangan sampai bersih setelah menggunakan toilet umum dengan sabun sampai berbusa setidaknya selama 20 detik, kemudian basuh dengan air. Gunakan tissue untuk mematikan air dan membuka pintu toilet.

2. Tempat Makan
Menurut Elaine Larson, Ph.D., profesor epidemiologi di Sekolah Kesehatan Masyarakat Mailman di Universitas Columbia, meski meja tempat makan di mal sudah di lap, bukan berarti tempat tersebut sudah bersih. Pasalnya kain bisa menyebarkan bakteri berbahaya jika tidak dicuci.

Pencegahan: selalu sediakan tissue desinfektan di tas sehingga bisa mengelap meja yang akan menjadi tempat makan Anda. Desinfektan atau bahan lain yang beralkohol terbukti bisa membunuh kuman dan membersihkan dari debu

3. Pegangan Eskalator
Pegangan esklator sering digunakan banyak orang dengan kondisi kesehatan yang berbeda-beda. Pegangan eskalator bisa saja menyebarkan firus flu jika pernah dipegang oleh orang yang sedang pilek dan bisa saja menular pada Anda.

Pencegahan: hindari memegang pegangan tangan eskalator, kecuali jika benar-benar harus. Selalu cicu tangan setelah memagang pegangan tangan eskalator terutama saat mau makan agar tangan kembali bersih.

4. Tombol ATM
Berdasarkan hasil penelitan di kota Taipei, para penilit di China menemukan bahwa masing-masing tombol mengandung rata-rata 1.200 kuman dan mikroba penyakit seperti E.coli dan firus flu. Yang paling banyak mengandung kuman adalah tombol “enter” karena semua orang harus menyentuhnya.

Pencegahan: ketuklah tombol ATM untuk menghindari kuman dan bakteri hinggap di ujung jari agar tidak mudah masuk ke hidung dan mulut. Pastikan mencuci tangan dengan air atau menggunakan pembersih tangan sesudah ke ATM.

Comment di sini