5 Kesalahan Berdandan yang Bikin Tampak Tua

by
November 28th, 2011 at 3:18 am

Kebanyakan wanita berdandan agar bisa terlihat cantik, mempesona dan lebih muda tentunya. Tapi ternyata berdandan yang salah justru akan membuat Anda tampak lebih tua. Karenanya Anda harus bisa menghindari cara berdandan yang salah itu. Apa saja itu?

Berikut lima kesalahan wanita dalam berdandan yang bisa berakibat fatal untuk wajah Anda seperti yang dikutip dari ehow. Simak baik-baik yah!

1. Lipstik yang Terlalu Gelap
Lipstik berwarna merah tua dan ungu memang sedang menjadi trend saat ini, warna ini juga sangat bagus untuk membuat bibir terlihat. Namun, perlu diingat tidak semua bentuk wajah bisa cocok dengan kedua warna gelap tersebut. Bisa-bisa warna yang trend itu justru akan membuat wajah Anda tampak lebih tua.
Menurut Junior Renteria, seorang National make Up Artist untuk produk Rain, jika Anda ingin tampil lebih muda maka pakailah lipstik dengan warna natural atau sheer color. Untuk menambah kesan muda, aplikanlah lipstik yang dengan aksen glossy.

2. Terlalu Banyak Concealer
Susie Galves, seorang ahli kecantikan penulis buku ‘You Are So Going To Thank Me For This’, mengatakan bahwa mengaplikasika terlalu banyak concealer untuk menutupi kerutan dan kantung mata justru bisa membuat Anda telihat tua.

Cara yang benar mengaplikasikan concealer adalah mencampurnya dengan pelembab terlebih dahulu sebelum mengaplikasikan pada wajah sehingga hasilnya terlihat lebih natural. Gunakan concealer secukupnya saja jangan terlalu tebal dan tipis.

3. Bedak yang Berlebihan
Penggunaan bedak yang berlebih justru akan membuat kulit wajah Anda menjadi terlihat kaku dan retak-retak saat kulit kering. Pengaplikasian bedaj yang berlebih juga akan membuat Anda tampak pucat. Bagi Anda yang berkulit kering, penggunaan bedak ini tidak dianjurkan.

Cara yang benar adalah, gunakanlah bedak secara tipis dan merata pada setiap bagian wajah. Usap wajah secara perlahan sehingga kulit akan terasa lebih halus. Bagi yang berkulit kering, sebaiknya gunakannlah foundation dan pelembab untuk membuat kulit terlihat kenyal. Jika perlu bedak, berikan bedak di area tertentu saja.

4. Alis yang Terlalu Tebal
Gaya alis tebal para selebriti terkadang menginspirasi Anda mencontek gaya tersebut. Namun, ketahuilah bahwa tidak semua bentuk wajah bisa cocok dengan gaya alis tebal ini. Bisa saja gaya ini bisa membuat wajah Anda terlihat lebih tau.

Bersukurlah dengan apa yang Anda punya dan eksplorasikanlah gaya alis sendiri yang tepat untuk wajah Anda. Menurut Margot Grant Witz, beauty director dari Elizabeth Grant Skincare, dandanan alis yang tebal itu cocok untuk wanita umur 45 tahun.

5. Terlalu Bayak Shimmer
Lori Leib, Creative Director Bodyograpy Profesional Cosmetics mengatakan, “Pakailah make up sesuai dengan umur. Untuk wanita dewasa, jangan terlalu banyak memakai shimmer. Efeknya yang mengkilap mampu menonjolkan kerutan pada wajah Anda”.

Menganai cara yang benar, Karen Moehr, seorang ahli kecantikan, memberikan tips untuk memakai shimmer dengan tepat. “Aplikasikan sedikit di bagian atas pipi, tengah-tengah bibir bagian atas dan di atas alis. Bagian-bagian tersebut bisa menghasilkan cahaya yang bagus. Campurkan bersama blush-on bertekstur krim atau dengan pelembab, kemudian oleskan setelah Anda memakai foundation. Ingat, hanya sedikit shimmer bisa membuat Anda lebih bersinar.”