4 Nutrisi Penting untuk Kesehatan Otak

by
December 1st, 2011 at 6:09 am

Tubuh tidak akan bekerja jika otak tidak berfungsi dengan baik. Untuk itu kita harus memperhatikan kesehatan otak kita mulai dari sekarang. Untuk menjaga agar fungsi otak tetap optimal, maka otak membutuhkan 4 nutrisi penting ini. Apa saja?

Otak adalah organ yang paling penting untuk mendukung atau mengatur fungsi organ-organ lainnya. Selain itu organ ini juga mengatur sendiri kebutuhan akan ‘bahan bakar’ atau nutrisinya agar bisa terpelihara dan berfungsi dengan baik.

Jika otak mendapat asupan yang tepat maka ia akan mampu memberikan sinyal-sinyal yang tepat pula untuk kerja tubuh.  Berikut ini adalah 4 nutrisi yang penting untuk otak, seperti dikutip dari Lifemojo, Rabu (5/10/2011) yaitu:

1. Asam lemak esensial
Asam lemak memainkan peran penting dalam mempromosikan pertumbuhan serta perkembangan otak. Nutrisi ini juga meningkatkan sirkulasi darah, mencegah depresi dan sebagai penguat suasana hati yang menyenangkan sehingga memberikan efek positif dan vitalitas ke otak.

Asam lemak yang bertanggung jawab untuk meningkatkan fungsi otak ini adalah ALA (alpha linolenic acid), EPA (eicosapentaenoic acid) dan DHA (docosahexaenoic acid). Sumbernya dari kacang almond, minyak biji rami, minyak ikan, salmon, sarden dan mackerel.

2. Vitamin B
Beberapa kelompok vitamin B memberikan manfaat untuk fungsi otak seperti:
- Vitamin B6 atau Pyridoxine yang penting untuk produksi berbagai neurotransmitter seperti serotonin, dopamin dan melatonin. Studi menunjukkan asupan vitamin ini mampu meningkatkan memori pada orang tua, sumbernya dari biji-bijian, pisang, susu, daging dan sayuran berdaun hijau.
- Vitamin B12 yang memainkan peran kunci dalam fungsi normal otak dan sel saraf serta pembentukkan sel darah merah. Vitamin ini diperoleh dari ikan, telur, susu dan produk susu seperti keju.

3. Antioksidan
Nutrisi ini melindungi sel-sel otak dari proses oksidasi sehingga mampu mencegah penyakit, serta membantu mengembalikan memori dengan meningkatkan keseimbangan motorik dan koordinasi. Sumbernya dari buah jeruk, lemon, anggur, ceri, tomat, sayuran berdaun hijau, teh hijau, biji rami dan almond.

4. Vitamin E
Vitamin ini membantu menjaga sirkulasi darah di otak serta bisa berfungsi sebagai antioksidan yang kuat. Sumbernya dari minyak bunga matahari, minyak gandum, tomat, labu, ubi jalar, mangga, asparagus, brokoli dan pepaya.

Ingat! Otak adalah pusat pengendali tubuh kita. Jika otak rusak maka tubuh kita juga akan ikut rusak, makanya jagalah kesehatan otak Anda agar bisa berfungsi dengan baik. Salam sehat ciri-cara!!

Comment di sini