7 Nutrisi yang Wajib Dikonsumsi Saat Diet

by
December 1st, 2011 at 2:43 am

Saat menjalani diet, beberapa wanita cenderung menghindar dari makanan karena takut gemuk. Padahal beberapa makanan justru diperlukan tubuh untuk tetap fit saat menjalani aktifitas kesehariannya. Makanya, ada beberapa nutrisi yang wajib dikonsumsi meski sedang diet. Apa saja?

Meskipun sedang diet, tubuh manusia tetap membutuhkan asupan makanan untuk mengisi energi. Untuk mengisi energi, tubuh manusia selalu membutuhkan asupan nutrisi yang terdapat dalam berbegai makanan. Jika tidak ada energi maka tubuh manusia akan kelelahan dan bisa saja pingsan.

Dilansir oleh Webmd, berikut 7 nutrisi yang harus Anda penuhi meski dalam program diet.

1. Potassium
Nutrisi ini berguna untuk menurunkan tekanan darah dan bisa didapatkan dari makanan seperti kentang, ubi-ubian hingga pisang. Potassium juga membantu kesuburan serta fungsi otak dan syaraf.

2. Magnesium
Asupan magnesium yang rendah bisa berakibat osteoporosis, tekanan darah tinggi, diabetes, kram otot, hingga gangguan jantung. Memakan bayam, kacang-kacangan, terutama almond akan membantu mencegah gangguan kesehatan tadi.

3. Vitamin A
Ada dua tipe vitamin A, yakni retinol dan carotenoid seperti beta-karoten. Ditemukan dalam makanan seperti wortel, bayam, hingga sereal. Fungsinya membantu sistem imun tubuh, penglihatan dan mengganti sel tubuh yang rusak.

4. Vitamin E
Ia adalah antioksidan yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan kulit, penglihatan dan daya tahan tubuh. Manfaat lainnya adalah ia mampu mengurangi plak yang menyumbat di pembuluh darah. Selai kacang bisa menjadi opsi untuk mendapatkan nutrisi ini selain biji bunga matahari, almond dan hazelnut.

5. Kalsium
Mungkin Anda sudah tahu bahwa nutrisi ini baik untuk tulang. Selain itu ia juga baik untuk menjaga fungsi otot dan ritme detak jantung. Tekanan darah tinggi pun sedikit banyak diredakan olehnya. Bisa didapat dari konsumsi sehari-hari seperti susu, keju, hingga makanan seperti ikan salmon dan tofu. Satu hal yang perlu diingat, tanpa ditunjang vitamin D yang cukup, tubuh akan kesulitan menyerap kalsium.

6. Vitamin C
Saat diet, tubuh terasa sedikit lemah dan kurang bertenaga. Vitamin C bisa membantu tubuh untuk merasa tetap fit dan mengurangi gejala datangnya penyakit seperti demam hingga flu. Dapatkan vitamin C alami dari buah dan sayuran. Ia juga baik untuk mencegah kerusakan sel.

7. Serat
Menurunkan tingkat kolesterol buruk dan melancarkan kerja saluran pencernaan adalah manfaat darinya. Tak hanya itu, menurunkan risiko gangguan jantung, diabetes dan beberapa jenis kanker juga didapat jika rajin mengonsumsinya.

Serat tinggi bagus untuk diet karena efeknya membuat Anda cepat kenyang namun tidak banyak kalori. Namun bagi Anda yang sedang menjalani pengobatan dengan minum obat, serat justru menyerap manfaat obat jika dikonsumsi bersamaan.

Jadi, tetaplah makan beberapa makanan meski Anda sedang diet. Hindari makanan yang mengandung banyak lemak agar program diet Anda berhasil. Anda bisa makan buah-buahan dan sayur-sayuran setiap harinya selama diet.

Comment di sini