Waspada Penyebaran Virus Lewat Facebook

by
December 1st, 2011 at 8:26 am

Para penyebar virus kini mulai melancarkan aksinya dengan menyebar virus di situs jejaring sosial Facebook. Situs jejaring sosial terbesar di dunia ini diincar oleh pelaku karena mengingat semakin banyak penggunanya. Beragam cara mereka lalukan untuk menyebar virus, diantaranya dengan menyebar virus lewat pesan obrolan.

Para pelaku menyebarkan pesan palsu berisi program jahat ke sejumlah pengguna Facebook. Sebenarnya metode seperti ini sudah pernah dilakukan oleh virus Kolab sekitar September 2011 lalu. Para calon korban akan menerima pesan obrolan dari salah satu temannya yang berisi link ke sebuah program jahat yang tidak diketahui. Jika korban langsung mengklik, maka secara otomatis virus akan terunduh ke komputer korban.

Berdasarkan keterangan dari Vaksincom, Jumat (25/11/2011) lalu, virus tersebut terdeteksi sebagai virus Trojan Generic 6956508. Virus itu termasuk salah satu malware jenis ZBOT yang memiliki kemampuan mengubah diri sehingga tidak bisa terdeteksi oleh antivirus yang sudah terinstal di komputer bahkan, versi yang paling update sekalipun.

Jika melihat jumlah pengguna jejaring sosial Facebook yang semakin meningkat, maka tidak heran pelaku memanfaatkannya sebagai media penyebaran virus. Sebelumnya penyebaran virus dengan cara ini juga ramai terjadi di media sosial seperti SKype, GTalk, YM dan MSN Messenger.

Serangan jenis ini pun semakin sulit untuk dideteksi karena menggunakan pemendek url seperti bit.ly, goo.gl, tinyurl, dan lain-lain. Anda harus ekstra waspada jika menerima pesan obrolan dari teman Facebook yang berisi sebuah link yang menuju ke sebuah situs. Jika tidak, salah-salah komputer atau laptop Anda bisa terkena virus tersebut.

Berikut contoh pesan obrolan yang dikirim pelaku menggunakan pesan teman Facebook Anda:

Comment di sini