Berikut 7 Manfaat Game untuk Kesehatan

by
December 2nd, 2011 at 1:20 am

Game seringkali diidentikan dengan hal yang buruk oleh sebagian besar masyarakat di Indonesia. Namun, hal ini ditentang oleh dr. Irzan Nurman yang mengatakan bahwa ngegame juga bisa menyehatkan. Bahkan, ia mengungkapkan, game juga tak jarang dimanfaatkan sebagai media terapi untuk pasien di beberapa rumah sakit. Benarkah?

Dalam sesi talk shaw, dr. Irzan Nurman mengatakan bahwa jika kita bermain game 5 kali seminggu, asalkan tidak berlebihan, maka aktivitas itu akan membuat kita lebih sehat. Jika terus berpikir bahwa game itu tidak baik, menurut dr. Irzan itu akan membuat masyarakat tidak akan maju.

“Bila kita terpatok pada statement ‘Game itu Negatif’, maka kita tidak akan maju-maju,” ujar Irzan. Dikatakan lebih lanjut oleh beliau bahwa sekolah-sekolah dasar di luar negeri sudah banyak yang memasukkan permainan dalam kurikulumnya karena memang game itu membawa banyak manfaat.

Berikut 7 manfaat game yang diungkapkan dr. Irzan Nurman dalam acara yang bertema “Indonesia Bermain”:

1. Empati
Game bisa mengembangkan empati pada diri seseorang karena saat ngegame ia biasanya involve dengan karakter-karakter yang ada dalam game tersebut. Asalkan tidak terlalu berlebihan semuanya masih aman.

2.Post-traumatic
Game bisa mengubah mood seseorang dan bisa membantu melupakan traumatik pada pasien meskipun hal ini tidak permanen.

3. Cara belajar baru
Belajar tidak harus serius, dengan gamepun seseorang bisa mempelajari banyak hal. Ini pun didukung dengan banyaknya game yang melatih otak.

4.Manajemen penglihatan
Gamer dilaporkan tidak akan mengalami masalah penglihatan meski ia doyan nge-game, justru manajemen penglihatan mereka lebih bagus.

5. Resep untuk nyeri
Game bisa membantu seseorang yang sedang menderita nyeri karena saat ngegame fokus seseorang teralihkan di permainan yang sedang ia lakukan.

6. Berimajinasi lebih baik
Dikatakan oleh dr. Irzan, imajinasi seseorang akan lebih baik bila ia sering ngegame.

7. Koordinasi tangan dan mata
Gamer memiliki koordinasi tangan dan mata yang lebih baik karena ia sudah terlatih saat melakukan permainan.
Sesi talk show yang diisi oleh dr. Irzan Nurman adalah salah satu rangkain dalam acara Indonesia Bermain yang digelar di Sabuga, Bandung.

Jadi, main game tidak selamanya mempunyai efek yang buruk. Tidak ada salahnya jika Anda memilih main game dengan keluarga di libur akhir pekan untuk menghilangkan stress setelah bekerja.

Comment di sini