Panduan Memilih Shampoo yang Tepat

by
December 2nd, 2011 at 4:18 am

Rambut adalah mahkota bagi wanita, karenanya kesehatan rambut harus dijaga dengan sangat hati-hati. Mulai dari jenis shampoo yang digunakan, Anda harus cermat memilihnya. Jika shampoo yang Anda gunakan tidak cocok dengan rambut Anda bisa saja rambut akan rontok dan rusak. Lalu, bagaimana cara memilih shampoo yang tepat?

Dengan beragamnya shampoo yang muncul di pasaran, seringkali Anda dibuat bingung mana yang harus Anda pilih. Kurangnya pemahaman inilah yang akhirnya menyebabkan Anda mudah tergiur iklan dan menjatuhkan pilihan pada shampoo yang salah.

Nah karenanya, berikut ada beberapa trik bagaimana memilih shampoo yang tepat untuk rambut.

1. Kenali Tekstur Rambut Anda
Hal yang pertama harus Anda lakukan adalah mengenali tekstur rambut, apakah ia cabangnya besar dan berisi, atau tipis dan rapuh, apakah ia lurus atau keriting. Tekstur inilah yang akan membantu Anda menentukan shampoo mana yang harus dipilih. Rambut keriting tidak membutuhkan shampoo berjenis volumizing, karena ia akan terlihat terlalu mengembang. Sedangkan rambut tipis membutuhkan shampoo volumizing sehingga ia terlihat lebih sehat dan berisi.

2. Kenali Masalah Rambut Anda
Terlebih dahulu Anda harus mengenali problem rambut apa yang sedang Anda alami. Jika rambut Anda bermasalah dengan ketombe, maka pilihlah shampoo yang formulanya diciptakan untuk mengatasi ketombe. Apabila kulit kepala Anda jenis yang berminyak, maka pilih shampoo dengan formula yang bisa mengurangi kandungan minyaknya.

3. Tentukan Gaya Anda
Salah memilih shampoo akan membuat gaya rambut jadi terlihat biasa. Mereka yang memangkas rambutnya bob style disarankan untuk memilih shampoo volumizing agar bentuk nya terlihat cantik dan mengembang sempurna. Dan apabila Anda punya wavy style, maka pilih shampoo yang khusus untuk wavy hair.

4. Berikan Proteksi Pada Rambut
Beberapa rambut dengan kondisi khusus memang membutuhkan perlindungan lebih. Misalnya rambut yang diwarnai, dismoothing atau diluruskan dan rambut yang dikeriting. Kondisi rambut semacam itu membutuhkan shampoo khusus untuk menjaga penampilan dan melindungi. Hindari memilih shampoo yang berfungsi menghitamkan pada rambut yang diwarnai dengan warna lain, hal ini akan mengakibatkan warna cat rambut jadi pudar.

5. Kenali Jenis Rambut Anda
Apakah rambut Anda kering, berminyak atau kombinasi di antara keduanya? Anda harus tahu hal dasar tersebut terlebih dahulu. Dengan begitu akan lebih mudah memilih dan menentukan nutrisi mana yang dibutuhkan oleh rambut Anda.

Banyak yang mengatakan, rambut adalah mahkota wanita. Jadi, jaga dan rawatlah rambut Anda dengan baik. Semoga tips dan trik di atas bisa membantu Anda. Selamat mencoba. :)

Comment di sini