4 Cara Mengatasi Pertengkaran dengan Pasangan

by
December 5th, 2011 at 2:50 am

Saat berdebat atau bertengkar kita sering kali tidak bisa mengendalikan emosi, bertindak di luar kendali dan akhirnya hanya akan memperuncing masalah. Pada dasarnya, setiap konflik dalam hubungan asmara bisa selalu diselesaikan tanpa harus emosi. Lalu, bagaimana caranya?

Jika Anda benar-benar tidak ingin memperuncing masalah, maka sebaiknya Anda lakukan beberapa hal berikut. Apa saja kah itu? Silahkan renungkan dan pikirkan dengan seksama:

1. Berpikir Sebelum Berbicara
Sebelum Anda mengkritik atau berkomentar sesuatu yang mungkin bisa menyakiti hatinya, sebaiknya pertambangkan kata-kata yang pantas. Tanyakan pada diri sendiri “Apakah yang saya katakan nanti akan membuatnya menjauh?”

Jika Anda tidak punya kata-kata yang baik untuk mengkritiknya, sebaiknya Anda diam. Singkirkan kalimat yang kira-kira diinterpretasikan kasar dan pilihlah kata-kata yang lebih halus untuk mengkritiknya.

2. Jangan Bertele-tele
Jangan pernah membahas suatu hal yang jauh dari pokok masalah. Dengar terlebih dahulu keluhannya kepada Anda dan ambilan keputusan dengan bijak yang singkat dan tegas. Bertele-tele hanya akan membuat masalah lebih lama terselesaikan, jadi usahakan untuk fokus pada pokok masalah dan tegas dalam mengambil keputusan yang bijak.

3. Akui Kesalahan
Jika pertengkaran itu terjadi karena kesalahan Anda, maka jangan coba untuk mengelak dan justru mencari-cari kesalahan si dia hanya karena gengsi. Sikap ini hanya akan menambah parah masalah. Berdebat sedikit boleh saja. Tapi pada akhirnya, akuilah kalau apa yang telah Anda perbuat memang tidak benar. Melontarkan kata “maaf” atau “kamu benar” adalah cara yang paling bijak untuk mengakhiri perdebatan. Misalnya, “Ya, maaf, kamu benar. Aku tidak seharusnya bohong pada kamu soal kemana aku pergi semalam”.

4. Jaga Intonasi Saat Bicara
Perhatikan intonasi saat Anda berbicara pada si dia, karena jika tidak hal itu akan membuatnya emosi karena merasa telah dimarahi oleh Anda. Berbicara dengan nada suara yang tinggi hanya akan membuang tenaga dan membuat suara Anda serak. Cobalah untuk berbicara dengan intonasi yang lembut dan hindari nada tinggi, karena solusi hanya bisa didapat dengan kepala dingin.

Jika Anda benar-benar ingin membuat hubungan asmara dengan si dia tetap harmonis dan langgeng, maka ragu-ragu lagi melakukan keempat hal tersebut. Jangan biarkan hubungan Anda hancur hanya karena pertengkaran karena masalah yang sepele.

Comment di sini