5 Cara Memperbaiki Masalah dalam Hubungan Asmara

by
December 5th, 2011 at 3:51 am

Menjalin hubungan memang tidak selamanya akan berjalan mulus, selalu butuh usaha dan pengertian. Ketika hubungan tersebut tidak berjalan dengan baik, tentunya Anda akan kesulitan untuk mengetahui apa masalah dan penyebabnya. Terkadang Anda juga ikut kebingungan untuk mengatasinya. Lalu bagaimana cara mengatasi masalah yang terjadi dalam hubungan asmara yang benar?

Sebenarnya ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk memperbaiki hubungan yang sedang bermasalah. Tentunya cara ini harus dilakukan dengan sifat yang dewasa dan jiwa yang tenang. Apa saja itu? Berikut jawabannya.

1. Mengidentifikasi Masalah
Langkah yang pertama yang Anda lakukan adalah mengidentifikasi masalah. Berusahalah untuk mencari akar permasalahan yang menjadi penyebab Anda dan kekasih atau pasangan bertengkar. Jika sulit, coba tanyakan langsung pada kekasih apa yang membuatnya kesal dengan Anda.

2. Komunikasi
Jika Anda dan si dia sedang bertengkar, jangan sekali-kali melakukan aksi bungkam satu dengan lainnya. Hal itu hanya akan memperpanjang masalah. Usahakan selalu berkomunikasi secara baik dengan pasangan meski sedang bertengkar. Jangan gunakan emosi Anda saat berkomunikasi dengannya, bicaralah secara halus dan berundinglah untuk mendapatkan solusi yang tepat.

3. Berpikir Sebelum Berbicara
Setelah berusaha untuk menjalin komunikasi, pikirkan kata-kata Anda sebelum Anda keluarkan. Meskipun terkadang apa yang Anda maksud merupakan sebuah kejujuran, namun dapat melukai pasangan. Untuk itu ketika membahas suatu masalah gunakanlah kata-kata yang pantas dan tidak memberatkan satu pihak saja.

4. Jangan Gunakan Media Sosial untuk Publikasikan Masalah Anda.
Tidak sedikit pasangan saat ini yang mengumbar pertengkaran mereka di Facebook atau Twitter. Menulis status yang menyindir, memaki atau mem-blocknya sering dilakukan sebagai ungkapan kekesalan. Padahal, selain orang yang membacanya merasa risih dan tidak nyaman, kekasih Anda pun bisa jadi makin kesal dengan tindakan Anda tersebut. Karena itu, hindarilah hal itu jika ingin masalah dalam hubungan Anda selesai.

5. Kompromi
Setelah melakukan beberapa hal di atas, hal terakhir yang harus Anda lakukan adalah kompromi. Berilah pasangan kesempatan untuk berusaha memahami Anda, dan Anda cobalah untuk memahami apa kemauannya. Jika Anda ingin masalah Anda dengan pasangan segera selesai maka Anda dan pasangan harus berkompromi satu sama lain dengan cara memaafkan kesalahan masing-masing.