3 Fase yang Akan Dialami Setelah Putus Cinta

by
December 7th, 2011 at 6:40 am

Putus cinta memang sangat menyakitkan, kesal, marah, merasa kesepian dan terasingkan merupakan perasaan yang wajar di rasakan setiap orang setelah putus cinta. Sama seperti pacaran, putus cinta juga mempunyai beberapa tahapan atau fasenya sendiri. Mau tahu apa saja fase tersebut?

Berikut tiga fase yang akan Anda alami setelah putus cinta, dan tips mengatasinya:

1. Fase Pertama: Syok
Syok adalah salah satu fase yang terjadi paling awal dirasakan, hal ini karena Anda mungkin merasa tidak sanggup menghadapi apa yang akan terjadi selajutnya. Bingung, merana, sakit hati dan takut kesepian akan dirasakan pada fase ini. Secara fisik, mungkin Anda akan mengalami sulit bernapas dan tidur tak nyenyak.

Cara mengatasinya: Terkejut atau syok merupakan reaksi alami, sebagai perlindungan tubuh dari rasa sakit. Untuk mengurangi keterkejutan dan depresi, cobalah tenangkan diri dengan meditasi atau berjalan-jalan di sekitar kompleks rumah, taman kota dan kawasan hijau lainnya.

2. Fase Kedua: Penyangkalan
Setelah Anda syok, maka fase berikutnya adalah penyangkalan. “Tidak, ini tidak benar-benar terjadi”. Mungkin kata-kata itu yang terlintas dalam pikiran Anda setelah putus cinta. Anda terus berusaha menolak  keadaan sebenarnya, dengan harapan bisa kembali lagi dengan sang kekasih.

Cara mengatasinya: Terimalah kenyataan bahwa Anda dan pasangan sudah tidak bisa lagi bersama. Ungkapkan semua yang Anda rasakan pada sahabat atau keluarga Anda untuk meringankan beban dalam hati Anda.

3. Fase Ketiga: Menyendiri
Di fase ketiga Anda akan memilih menyendiri dari pada berkumpul dengan teman-teman Anda. Anda juga akan enggan bertemu teman, malas datang ke acara-acara khusus atau coba menghindar dari orang-orang yang Anda kenal.

Cara mengatasinya: Menyendiri memang terkadang dibutuhkan oleh seseorang, tapi Anda harus ingat menyendiri terlalu lama itu tidak baik. Jadi, berhentilah meratapi diri sendiri dan memikirkan hal-hal negatif. Segarkan tubuh dan pikiran dengan mandi air hangat, lalu rencanakan jadwal ke mana Anda akan pergi seharian. Bisa nonton film, ke kafe, atau ajak teman-teman ke arena game station dan bowling.

Comment di sini