Ciricara: 7 Cara Mudah Menghindari Jerawat

by
December 9th, 2011 at 12:57 am

Sebenarnya muka berjerawat bisa menyerang siapa saja. Tidak ada yang mengetahui secara persis penyebab timbulnya jerawat. Ada yang berpendapat jerawat timbul karena adanya perubahan hormon, stres atau makanan. Jerawat memang sangat mudah hinggap diwajah, tapi tahukah Anda cara mudah untuk menghilangkannya?

Sebelum membahas cara menghilangkan jerawat, akan lebih baik lagi jika Anda tahu apa itu jerawat secara teori. Berdasarkan teori, jerawat terbentuk ketika folikel dibawah kulit tersumbat. Jerawat biasanya muncul pada bagian kulit wajah, leher, punggung, dada dan bahu. Jerawat bisa menyerang kulit siapa saja, namun pada umumnya paling sering jerawat muncul pada kulit remaja dan dewasa muda.

Ada banyak mitos tentang penyebab timbulnya jerawat pada kulit. Seperti, coklat dan makanan yang berminyak juga dituding sebagai penyebab timbulnya jerawat. Selain itu, kulit yang kotor juga disebut sebagai penyebab terjadinya jerawat.

Sementara itu, menurut para ilmuan, perubahan hormon, seperti pada masa remaja dan kehamilan dapat berperan menyebabkan timbulnya jerawat. Tapi soal stres, dinyakini stres tidak akan menimbulkan jerawat, tapi stres bisa memperburuk kondisi kulit yang berjerawat.

Jerawat memang bukanlah penyakit yang berbahaya atau mematikan, namun dapat meninggalkan bekas. Pada umumnya, jerawat dapat meninggalkan bekas hitam atau bahkan bekas cekung di kulit. Jerawat sangat mengganggu para remaja karena bisa memperburuk penampilan.

Jika Anda sudah tahu hal di atas, sekarang Anda juga pasti mau tahu cara menghilangkannya kan? Tenang, berikut ada beberapa tips untuk mengatasi kulit yang berjerawat seperti yang dikutip dari  Epharmapedia, Selasa (2/8/2011):

1. Setiap pagi dan malam (dan setelah berkeringat dan berminyak), kulit dicuci dengan pembersih yang lembut hindari scrub abrasif dan menggosok dengan menggunakan bantalan atau sabun yang yang terlalu keras.

2. Cuci rambut atau keramas secara teratur, terutama jika memiliki rambut berminyak.

3. Jika sedang berjerawat, hindari mengutak-atik atau sering menyentuh jerawat dengan tangan.

4. Lindungi kulit dari sengatan matahari dengan pakaian, topi dan tabir surya.

5. Pilihlah kosmetik dan produk rambut yang non-comedogenic, bebas minyak atau non-acnegenic.

6. Hindari gesekan pada kulit dari barang seperti tas ransel atau helm.

7. Menggunakan obat jerawat atau menggunakan perawatan yang diresepkan oleh dokter, dan beritahukan dokter Anda mengenai obat jerawat lainnya yang telah Anda pakai.

Pada intinya, kulit yang sehat tidak akan mudah terserang penyakit. Jika Anda tidak ingin terkena jerawat, maka rajin-rajinlah menjaga kesehatan kulit Anda.

 

Comment di sini