4 Kesalahan Yang Sering Dilakukan Pelaku Diet

by
December 12th, 2011 at 5:01 am

Setiap orang tentunya ingin menjalani hidup dengan sehat. Tapi tanpa sadar, seringkali kita melakukan beberapa kesalahan dalam mengkonsumsi atau mengolah makanan. Jika sudah begitu, niat untuk hidup sehat bisa berakibat tidak sehat. Kesalahan mengkonsumsi makanan tersebut juga akan mempengaruhi bentuk tubuh kita.

Ini dia beberapa kesalahan dalam mengonsumsi makanan yang perlu Anda tahu. Dikutip dari iVillage, para ahli mengatakan, kesalahan ini termasuk yang paling umum dilakukan, bahkan bisa terjadi pada orang yang peduli diet sehat sekalipun.

1. Minum Soda Diet
Soda diet muncul sebagai minuman alternatif bagi pencinta soda yang ingin menjaga berat badannya. Tapi nyatanya, soda diet tidak berbeda dengan minuman soda biasa. Menurut sebuah studi, soda diet justru sering dihubungkan sebagai penyebab naiknya berat badan.
Solusinya: Ganti soda diet dengan minuman lain yang lebih bergizi namun rendah kalori dan lemak. Seperti susu bebas lemak, teh hijau atau jus segar tanpa gula. Susu bisa memberi efek mengenyangkan dan membantu membentuk otot. Sementara teh hijau bisa kaya anti-oksidan dan meningkatkan metabolisme tubuh.

2. Memberi ‘Tambahan’ Salad yang Berlebihan
Memilih campuran berbagai macam sayuran sebagai appetizer memang pilihan yang sehat. Tapi sehat tidaknya salad yang Anda makan, tergantung dari bahan-bahan apa saja yang Anda tambahkan di atasnya.
Solusinya: Jika ingin salad sehat, enyahkan segala jenis daging, roti kering, daging tuna, telur, pasta, kentang dan dressing berbahan mayonnaise. Balsamic vinegar dan minyak zaitun merupakan pilihan terbaik untuk dressing salad. Jika ingin rasa salad yang lebih creamy, tambahkan yoghurt tanpa rasa yang rendah lemak.

3. Makan Sambil Bekerja
Mengasup makanan sambil bekerja di depan komputer bisa menyebabkan kita makan berlebihan. Kenapa? “Karena tidak pernah ada rasa puas,” jelas Jamie Dougherty, instruktur kesehatan dan gaya hidup dari San Fransisco.
Solusinya: Jauhkan diri Anda dari perangkat elektrobik saat makan. Bahkan jika Anda terpaksa harus makan di meja kerja, putar posisi bangku agar pandangan tidak tertuju pada monitor komputer. Bisa juga memasang komputer pada posisi stand-by. Hanya fokus pada makanan, akan membuat Anda lebih cepat kenyang dan mengonsumsi sedikit makanan.

4. Menyimpan Sayur Segar Terlalu Lama
Sayuran segar memang sehat. Tapi hanya jika dimakan dalam keadaan benar-benar segar, tidak layu. Selama ini, mungkin banyak dari kita yang langsung menyimpan sayuran segar di dalam kulkas atau menaruhnya di udara terbuka. Namun mungkin sedikit yang tahu kalau sayuran yang dibiarkan hingga layu akan kehilangan nutrisi pentingnya. Oleh karena itu, jika Anda tidak berniat mengolah atau mengonsumsi sayuran segera setelah dibeli, sebaiknya dibekukan dan taruh di freezer.

Comment di sini