6 Hal Tak Terduga Yang Bisa Bikin Kegemukan

by
December 12th, 2011 at 3:22 am

Makan banyak makanan yang berlemak memang menjadi faktor utama yang menyebabkan kegemukan. Tapi ternyata bukan itu saja penyebabnya. Berat badan berlebih ternyata juga bisa disebabkan oleh hal-hal yang bisa jadi tidak pernah Anda duga sebelumnya. Lalu apa saja itu?

Ini dia 8 hal penyebab kegemukan dan obesitas, selain makanan dan gaya hidup tak sehat, seperti dikutip dari My Health News Daily.

1. Demam
Menurut penelitian yang dimuat dalam jurnal Pediatrics, anak-anak yang terkena virus demam –adenovirus 36– lebih rentan mengalami obesitas dibandingkan mereka yang tidak. Dalam studi yang dilakukan kepada 124 anak, hampir 80 persen responden yang pernah terkena virus demam tersebut mengalami obesitas. Berat mereka lebih banyak 23 kg dibandingkan anak yang sehat.

2. Ruangan Ber-AC
Saat berada dalam temperatur udara yang nyaman, tubuh akan rileks sehingga tidak perlu bekerja keras untuk membuatnya tetap sejuk atau hangat. Hal inilah yang jadi salah satu faktor penyebab obesitas, seperti yang dilaporkan International Journal of Obesity.

3. Kurang Tidur
Kurang tidur bisa menambah rasa lapar. Karenanya, orang yang sering begadang di malam hari suka makan cemilan yang bisa memicu kegemukan. Selain itu juga membuat tubuh merasa lelah sepanjang hari sehingga aktivitas fisik pun berkurang. Kurangnya olahraga dan tidak aktif secara fisik bisa memicu berat badan naik lebih cepat.

4. Menyalakan Lampu Saat Tidur
Kebiasaan menyalakan lampu saat tidur bisa menambah beberapa inci lingkar pinggang Anda. Tidur dengan lampu kamar tetap menyala akan membuat Anda sering terbangun. Saat terbangun di malam hari, Anda cenderung mudah lapar dan mengudap apa saja yang ada di dapur atau lemari makanan.

5. Terkontaminasi Polusi
Polusi bisa memengaruhi metabolisme tubuh, menurut hasil studi yang dilansir Critical Reviews in Food Science and Nutrition. Zat-zat seperti endocrine (zat kimia yang terdapat pada plastik) dan sisa pembakaran sampah yang ditemukan dalam tubuh manusia, sering dihubungkan dengan obesitas. Begitu juga dengan zat yang terdapat dalam pestisida, bisa mengganggu sistem kerja organ tubuh dan menghambat metabolisme.

6. Punya Ibu yang Banyak mengkonsumsi Makanan Tinggi Lemak Saat Hamil
Berdasarkan penelitian yang dilakukan para peneliti dari University of Cincinnati and the Medical College of Georgia, konsumsi lemak oleh ibu hamil menyebabkan plasenta mempunyai cadangan nutrisi berlebih untuk janin. Kelebihan nutrisi tersebut yang mengakibatkan bayi lahir dengan tingkat kecenderungan obesitas tinggi.

Comment di sini