CirCara: 4 Cara Atasi Susah Tidur Karena Minum Kopi

by
December 12th, 2011 at 1:50 am

Setelah minum kopi masalah yang kerap di hadapi adalah susah tidur. Padahal keesokan harinya Anda harus kembali beraktivitas seperti biasa. Akhirnya, keesokan harinya Anda tentu tidak akan semangat dan justru mengantuk. Lalu bagaimana mengatasi hal itu?

Mungkin bagi Anda penggemar kopi, minum kopi di malam hari adalah hal yang wajib setiap harinya. Tapi, jika setelahnya Anda tidak bisa tidur bagaimana? Tenang, berikut ada beberapa cara untuk menetralkan kafein yang terkandung di kopi. Apa saja?

Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan saat Anda mengalami masalah sulit tidur akibat minum kopi.

Minum Segelas Susu Hangat

Segelas susu hangat banyak mengandung triptofan, sejenis protein yang di dalam tubuh akan diubah menjadi hormone serotonin dan melatonin. Kedua hormone ini sangat dibutuhkan untuk menghadirkan rasa kantuk sebelum seseorang bisa jatuh tertidur. Jadi, minumlah segelas susu hangat saat Anda mengalami sulit tidur.

Lakukan Gerakan-gerakan Ringan

Berbagai penelitian membuktikan olahraga secara teratur bisa mengatasi gangguan susah tidur. Namun dalam kondisi darurat ketika butuh segera tidur, olehraga ringan yang dilakukan sekali waktu juga bisa membantu menetralkan efek kafein akibat kebanyakan minum kopi.

Lakukan gerakan kecil seperti push up atau sit up agar Anda bisa tertidur setelah minum kopi. Gerakan kecil itu akan membuat tubuh Anda merasa lelah dan mengeluarkan keringat yang mengandung kafein sehingga Anda akan merasa nyaman saat berada di tempt tidur. Tapi, sebelumnya jangan lupa mandi dulu ya kalau badan Anda keringatan!! :)

Ciptakan Suasana yang Tenang

Di bawah pengaruh kafein, tubuh membutuhkan usaha lebih keras untuk bisa tertidur. Karenanya ciptakanlah suasana yang tenang, sunyi dan nyaman agar lebih mudah tertidur. Hindari menyalakan TV, komputer atau ponsel serta video game karena hal itu akan membuat Anda lebih susah untuk tidur.

Lakukan Relaksasi Mental Secara Aktif

Jika ketiga cara di atas tidak bisa membuat Anda tertidur, lakukan relaksasi secara aktif. Salah satunya dengan memalingkan pandangan mata dai jam dinding atau sejenisnya yang akan mengingatkan bahwa malam semakin larut karena dampaknya justru akan semakin gelisah.

Cara berikutnya adalah langsung berbaring di tempat tidur dan pejamkan mata Anda. Bayangkanlah suasana yang bisa menenangkan hati Anda. Pasti lama kelamaan Anda akan tertidur.

Nah, itulah beberapa cara yang dikutip dari dekitHealt yang mungkin bisa Anda coba saat mengalami sulit tidur akibat minum kopi.

Comment di sini