CiriCara: 6 Cara Sederhana Hindari Stres Ketika Bekerja

by
December 12th, 2011 at 4:04 am

Pekerjaan terkadang menjadi beban bagi beberapa orang tertentu hingga bisa menimbulkan stres. Namun, banyak juga orang yang tetap bisa bergembira walaupun pekerjaan sedang menumpuk. Bagaimana cara agar terhindar dari stres ketika bekerja? Simak 6 cara sederhana untuk menghindari stres ketika sedang bekerja berikut ini:

1. Selalu memilih untuk bergembira
Selalu ada pilihan untuk menjadi seorang yang bergembira, meskipun banyak beban sedang melanda. Terdengar sederhana, bukan? Kuncinya adalah selalu berpikir dan bertindak positif, walau bosmu memarahimu, walau sedang ada konflik dengan rekan kerjamu. Jangan lupa untuk tersenyum setiap hari meskipun hanya di dalam hati. Karena senyum bisa mengubah dunia.

2. Lakukan semua dengan cinta
Mungkin kamu tidak menyukai pekerjaanmu sekarang. Namun percayalah pada pepatah Jawa, “witing tresno jalaran soko kulino”, yang berarti ketika sudah terbiasa, maka akan timbul perasaan cinta. Lihatlah aspek positif dari pekerjaanmu, jangan melulu hal negatif yang diperhatikan. Kalau memang susah melihat aspek positif di tempat kerjamu sekarang, berarti kamu harus menemukan kebahagiaan di tempat kerja yang lain.

3. Mintalah masukan setiap hari
Orang akan susah berkembang kalau tidak ada kritik dan saran dari orang lain. Pendapat dari orang lain akan sangat berguna, terutama ketika kamu tidak mampu melihat aspek positif dari pekerjaanmu. Bukan tidak mungkin, pekerjaan yang kamu pandang sebagai beban ternyata adalah pekerjaan yang diidam-idamkan oleh orang lain. Mereka akan membeberkan semua hal baik tentang pekerjaanmu sehingga membantumu melihat semuanya dengan lebih jelas.

4. Bertemanlah dengan semua rekan kerja
Pastikan kamu tahu nama setiap orang yang bekerja denganmu, termasuk pesuruh dan pegawai kebersihan dan juga satpam. Sapalah mereka tiap hari sambil tersenyum. Senyum balasan dari mereka pasti akan membantumu mendapatkan suasana hati yang baik setiap hari. Jika mereka sedang mengalami kesulitan, bantulah dengan segera. Tularkan aura positif ke seluruh ruangan.

5. Jangan terlibat dalam pembicaraan soal gosip
Pembicaraan soal gosip kantor memang merupakan hal yang sangat menarik perhatian, terutama jika kamu seorang perempuan meskipun pria juga tidak mungkin menjadi orang pertama yang memulai menggosip. Namun, dengan membicarakan kejelekan orang, secara tidak langsung kamu sedang memasukkan aura negatif ke dalam diri dan pikiranmu sendiri. Terlibatlah dalam pembicaraan bertema positif seperti rencana makan atau karaoke bersama rekan kerja di akhir pekan.

6. Dengarkan musik ceria favoritmu
Suasana hati boleh sedang gundah karena pekerjaan tak ada habisnya. Namun, jangan biarkan dirimu jatuh ke lubang derita tanpa batas. Musik bisa menjadi obat mujarab bagi semua orang, apapun masalahnya. Bahkan, beberapa orang sampai menganggap musik adalah agama karena memang petikan gitar, hentakan drum, dentingan piano, dan suara merdu bisa memengaruhi kondisi rohani dan semangat seseorang. Namun ingat, jangan menenggelamkan diri dalam kegundahan dengan mendengarkan musik menye-menye nan pesimis. Pilih lagu ceria nan optimis karena hidup adalah kebahagiaan.

Comment di sini