CiriCara: 7 Cara Mendapatkan Pekerjaan Impian

by
December 12th, 2011 at 6:23 am

Dari hari ke hari, hidup memang terasa semakin berat. Terlebih lagi apabila kita sudah lulus dari sekolah atau kuliah namun tak juga mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan impian. Hidup harus dihadapi tak peduli seberapa derasnya badai yang menerpa. Setiap masalah pasti ada solusinya! Nah, bicara soal cara mendapatkan pekerjaan, mungkin tips berikut ini bisa berguna buatmu. 7 cara mudah mendapatkan pekerjaan impian:

1. Jangan malu sebagai seorang pencari kerja
Beri tahu semua orang yang kamu kenal kalau kamu sedang mencari pekerjaan. Mulailah dari keluarga, lalu teman, pacar, mantan pacar, tetangga, mantan guru, mantan dosen dan apabila memungkinkan, bilang pada semua orang kalau kamu sedang mencari pekerjaan. Tak mustahil kalau orang-orang itu bisa menuntunmu pada pekerjaan yang kamu dambakan.

2. Buat resume/CV sekreatif dan sebagus mungkin
Satu hal yang pasti, jangan pernah berbohong ketika menulis resume. Kreatif dan bagus tak berarti harus melebih-lebihkan data tentang kemampuan yang kita miliki. Akan sangat memalukan dan tidak terhormat ketika di resume kamu menulis mahir berbicara dalam bahasa Inggris namun ketika diwawancarai dalam bahasa Inggris kamu hanya bisa menjawab yes dan no.

3. Carilah pekerjaan setiap hari
Jangan lelah berselancar di internet dan membuka-buka halaman kertas koran untuk mencari informasi terbaru tentang lowongan pekerjaan. Semakin sering kamu mencari, semakin besar kesempatanmu untuk mendapatkan pekerjaan impian! Buatlah target dalam sehari berapa jam yang akan kamu habiskan untuk mencari informasi tentang lowongan kerja.

4. Maksimalkan sumber pemberi info lowongan kerja di sekitarmu
Begitu banyak website penyedia informasi lowongan kerja sekarang ini. Jadi, selain media konvensional seperti koran, pastikan kamu selalu membuka-buka halaman demi halaman setiap website penyedia jasa pencarian kerja. Dan untuk hasil yang lebih maksimal, cobalah menelepon perusahaan atau instansi impianmu secara langsung. Mungkin saja mereka sedang membutuhkan namun belum memasang iklan di koran atau website.

5. Selalu siap sedia untuk menghadiri job fair
Pastikan semua data penunjang seperti CV/resume, surat lamaran kerja, fotokopi identitas diri dan ijazah serta transkrip selalu ada di dalam tas. Rajinlah menambah pengetahuan dan berpakaianlah dengan rapi ketika datang karena banyak perusahaan yang biasanya langsung mengadakan wawancara ketika job fair dilangsungkan.

6. Daftarkan dirimu di website penyedia layanan informasi lowongan kerja
Kalau kamu sudah mendaftarkan diri, maka kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan yang kamu inginkan lebih terbuka lebar. Terkadang perusahaan sendiri yang mencari kandidat yang diingini lewat website-website tertentu. Kalau data dirimu menarik perhatian mereka, tidak mustahil mereka yang akan langsung menghubungimu. Dengan mendaftarkan diri, maka kamu juga bisa mendapatkan informasi lowongan pekerjaan lewat email tanpa perlu repot mengunjungi website mereka.

7. Tetap semangat!
Orang bilang, “kegagalan adalah sukses yang tertunda”. Itu benar, dan tanamkan kuat-kuat dalam pikiranmu. Kalau gagal di satu tempat, bukan berarti kamu akan gagal pula di tempat lain. Memotivasi diri sendiri ketika hendak meraih sesuatu sangatlah penting.

Comment di sini