CiriCara: Cara Menyimpan Sikat Gigi Yang Sehat

by
December 12th, 2011 at 4:21 am

Menggosok gigi berguna untuk menghilangkan flak dan bakteri yang menempel pada gigi. Tapi jika sikat gigi yang digunakan tidak disimpan dengan benar, justru menggosok gigi bisa menimbulkan infeksi atau menularkan penyakit tertentu. Karena itu simpanlah sikat gigi Anda dengan baik dan benar agar tetap sehat.

Menurut peneliti dari England’s University of Manchester, seperti yang dikutip dari WebMD, Senin (22/8/2011), sikat gigi mengandung banyak bakteri. Jika tidak disimpan dengan benar maka itu akan berakibat buruk pada kesehatan. “Sikat gigi mengandung banyak bakteri, karenanya harus disimpan dengan benar,” ujar peneliti itu.

Lalu, bagaiman cara menyimpan sikat gigi yang benar? Berikut tips atau cara menyimpan sikar gigi untuk meminimalkan terkontaminasi bakteri antara lain:

1. Perhatikan jarak penyimpanan sikat gigi dengan WC
Jauhkan penyimpanan sikat gigi dari WC. Karena jika terlalu dekat dengan WC, maka setiap kali seseorang menyiram WC memungkinkan tersemprotnya bakteri ke udara yang menyebabkan kontaminasi bakteri pada sikat gigi.

2. Cucilah tangan sebelum menyikat gigi
Seperti halnya sebelum makan, sebelum menyikat gigi pun sebaiknya cucilah tangan terlebih dahulu.

3. Simpan sikat gigi setelah dibilas terlebih dahulu
Setelah menggunakan sikat gigi dan sebelum menyimpannya, bilaslah sikat gigi secara menyeluruh dengan menggunakan air yang mengalir. Pastikan sikat gigi sudah bersih dari pasta gigi yang menempel sebelum penyimpanan.

4. Simpan sikat gigi di tempat yang kering
Bakteri sangat menyukai tempat yang lembab, maka dari itu simpanlah sikat gigi di tempat yang kering. Patikan simpan di tempat yang bisa mengeringkan sikat gigi setelah dipakai. Pilihlah desain sikat gigi yang tidak berpotensi menjadi lembab saat disimpan.

5. Simpan sikat gigi dengan kepala sikat menghadap ke atas
Menyimpan sikat gigi dengan posisi tersebut memungkinkan kepala sikat dapat kering atau tidak lembab saat disimpan.

6. Simpanlah sikar gigi di tempat yang cukup tinggi
Penyimpanan semacam ini dapat menghindarkan sikat gigi dari percikan air ketika Anda sedang membersihkan toilet atau lantai kamar mandi.

7. Jangan menggunakan sikat gigi bergantian dengan orang lain atau anggota keluarga lain
Sikat gigi merupakan barang yang sangat individual. Meskipun bersaudara, jangan menggunakan sikat gigi secara bergantian. Hal tersebut dapat memungkinkan terjadinya infeksi silang dari suatu bakteri atau virus bahkan jamur.

8. Jangan menyimpan sikat gigi berdekatan dengan sikat gigi orang lain atau keluarga
Ketika sikat gigi disimpan secara berdekatan atau bahkan menempel dengan sikat gigi lain dapat memungkinkan terjadinya infeksi silang dari suatu bakteri, virus juga jamur. Setiap sikat gigi yang bersentuhan dengan sikat gigi lain dapat memungkinkan penyebaran bakteri.

9. Gantilah sikat gigi setelah sakit
Mengganti sikat gigi setelah mengalami sakit gigi dapat mencegah kekambuhan sakit gigi, terutama yang disebabkan oleh bakteri dan virus yang mudah menular.

Comment di sini