Resep Saus Kacang, Saus Indonesia Yang Mendunia

by
December 12th, 2011 at 7:40 am

Saus kacang atau saus bumbu kacang atau sambal kacang adalah jenis saus yang sering dijumpai dalam masakan Indonesia. Selain, Indonesia, negara lain yang sering menggunakan saus kacang sebagai bumbu adalah Thailand, Malaysia, Singapura, RRT, Vietnam dan sebagian negara Afrika. Beberapa negara Eropa, terutama Belanda, dan Timur Tengah juga menggunakan sambal kacang namun dengan takaran yang lebih sedikit.

Bahan utama untuk membuat saus kacang adalah kacang tanah goreng. Sebagai alternatif, selai kacang bisa pula digunakan. Ada beberapa macam jenis saus kacang sebagai penyedap rasa yang disesuaikan dengan jenis makanan utamanya. Resep saus kacang yang biasa ditemui biasanya terdiri dari kacang tanah atau selai kacang goreng (halus atau kasar), santan, kecap, lengkuas, bawang putih dan berbagai macam rempah-rempah. Bahan tambahan yang sering digunakan adalah cabai, gula, susu, bawang goreng dan serai.

Di Indonesia, banyak makanan yang tak lezat rasanya tanpa keberadaaan saus kacang. Beberapa di antara makanan tersebut contohnya gado-gado, sate, ketoprak, karedok, dan pecel. Saus kacang biasanya ditambahkan ke atas makanan-makanan utama yang terdiri dari sayuran, telur, dan daging. Makanan ringan tertentu seperti otak-otak dan batagor juga pasti menggunakan saus kacang sebagai pelengkap.

Kacang dibawa pertama kali oleh pedagang Spanyol dan Portugis pada abad ke-16 ke kawasan Asia Tenggara. Di Indonesia, kacang mendapatkan tempat karena bisa tumbuh dengan baik dengan iklim tropisnya. Orang Indonesia berhasil mengolah kacang sebagai saus dan dikombinasikan dengan masakan tradisional setempat, entah sebagai bumbu yang disiram ke atas masakan atau untuk dicelupkan. Rasa saus kacang cocok bagi lidah orang Indonesia dengan tambahan bumbu-bumbu tradisional seperti gula jawa dan rempah-rempah yang menghasilkan rasa khas, seimbang antara manis, asam dan asinnya. Menurut ahli kuliner, saus kacang yang lezat adalah saus kacang yang tak terlalu kental dan tak telalu encer.

Saus kacang di Thailand sedikit berbeda dengan saus kacang Indonesia. Di Thailand, saus kacangnya terasa lebih manis. Di RRT, masakan yang biasanya menggunakan saus kacang adalah daging panggang. Ketika Belanda datang ke Indonesia, saus kacang dibawa oleh mereka ke negara asalnya. Selain sebagai pendamping masakan tradisional Indonesia, orang Belanda juga menambahkan saus kacang ke masakan khas Eropa seperti daging panggang (barbecue) dan kentang goreng. Salah satu masakan terkenal hasil kombinasi saus kacang dan mayones dengan kentang goreng adalah Patat oorlog. Orang-orang di sana juga kerap mencelupkan roti serta mentimun ke saus kacang sebagai kudapan. Satekroket, makanan hibrid Belanda hasil modifikasi sate Indonesia yang digabungkan dengan kroket Belanda juga sering menggunakan saus kacang sebagai penyedap rasa.

Berikut resep membuat saus kacang, diambil dari Resep Masakan Indonesia:

Bahan:
· 200 gram kacang tanah goreng
· 10 buah cabe rawit atau sesuai dengan selera
· 5 cabe merah
· 1 siung bawang putih
· 1-2 sdm gula pasir
· 1 sdt garam
· 1-2 sdm cuka
· 250 cc air matang
· Kecap manis secukupnya

Cara Membuat:
· Gerus kacang tanah goreng, cabe rawit, cabe merah dan bawang putih sampai halus.
· Masukkan gula dan garam. Cairkan saus dengan air matang lalu tuang cuka dan kecap manis.
· Aduk saus sampai rata.
· Siap untuk dihidangkan.

Comment di sini