10 Makanan Yang Menjaga Jantung Tetap Sehat

by
December 13th, 2011 at 2:55 am

Jantung merupakan organ yang vital. Oleh karena itu perlu upaya untuk menjaganya tetap sehat dan bekerja dengan baik. Kalau kita sudah terkena penyakit jantung maka resiko kematiannya sangat tinggi. Maka kita harus pandai-pandai menjaga kesehatan jantung kita sejak dini.

Merawat jantung memang tidak mudah. Tapi, merawat kesehatan jantung bisa kita lakukan dengan cara mengatur pola makan kita. Nah! Berikut ada 10 makanan yang mampu menjaga kesehatan jantung kita:

1. Oatmeal
Awali hari Anda dengan semangkuk sereal gandum hangat yang kaya akan omega 3, asam lemak, folat, dan kalium. Ini super kaya serat dapat menurunkan kadar LDL (atau buruk) kolesterol dan membantu menjaga arteri tetap bersih dan sehat.

2. Salmon
Kaya akan asam lemak omega 3, salmon efektif untuk mengurangi tekanan darah dan menjaga pembekuan di teluk. Dua porsi salmon per minggu dapat mengurangi risiko kematian akibat serangan jantung sampai sepertiganya. “Salmon berisi karotenoid astaxanthin, yang merupakan antioksidan yang sangat kuat,” kata ahli jantung Stephen T. Sinatra, MD.Bagi Anda yang bukan penggemar salmon, ada alternatif lain. Minyak ikan lain seperti mackerel, tuna, herring, dan sarden bisa memberikan dorongan yang sama pada jantung.

3. Alpukat
Tambahkan sedikit alpukat untuk salad sandwich atau bayam untuk menambah jumlah lemak jantung sehat dalam diet Anda. Dikemas dengan lemak tak jenuh tunggal, alpukat dapat membantu menurunkan kadar LDL sekaligus meningkatkan jumlah kolesterol HDL dalam tubuh Anda. “Alpukat itu menakjubkan,” kata dr. Sinatra. “Mereka memungkinkan penyerapan karotenoid lain – terutama beta-karoten dan likopen -. yang penting untuk kesehatan jantung”

4. Minyak zaitun
Penuh lemak tak jenuh tunggal, minyak zaitun menurunkan kolesterol jahat LDL dan mengurangi resiko terkena penyakit jantung. Hasil dari penelitian pada tujuh negara, yang melihat insiden penyakit kardiovaskular di seluruh dunia, menunjukkan bahwa sementara laki-laki di Crete memiliki kecenderungan memiliki tingkat kolesterol tinggi, relatif sedikit meninggal akibat penyakit jantung karena diet mereka terfokus pada lemak jantung-sehat yang ditemukan pada minyak zaitun. Gunakan minyak zaitun sebagai pengganti mentega.

5. Kacang-kacangan
Kacang kenari penuh omega-3, asam lemak dan, bersama dengan almond dan kacang macadamia, sarat akan lemak tak jenuh. “Kacang juga meningkatkan serat dalam makanan, dan seperti minyak zaitun, mereka adalah sumber lemak sehat,” kata dr. Sinatra.

6. Buah Berry
Blueberry, raspberry, stroberi – apapun jenis buah berry yang Anda sukai – penuh dengan zat anti-peradangan yang akan mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker. “Blackberry dan blueberry sangat bagus untuk kesehatan pembuluh darah,” kata dr. Sinatra.

7. Kacang Polong
Terkandung dalam serat pada kacang, buncis, dan kacang hitam. Mereka dikemas dengan omega-3 asam lemak, kalsium, dan serat larut.

8. Bayam
Bayam dapat membantu menjaga jantung Anda dalam keadaan prima, khususnya dalam penyimpanan lutein, folat, kalium, dan serat. Tapi porsi yang berlebihan dari setiap sayuran pasti akan memberikan tekanan pada jantung Anda. Sebuah penelitian kesehatan fisik memeriksa lebih dari 15.000 pria tanpa penyakit jantung selama jangka waktu 12 tahun. Mereka yang setidaknya dua setengah porsi sayuran setiap hari mengurangi risiko penyakit jantung sekitar 25 persen, dibandingkan dengan orang-orang yang tidak makan sayuran.

9. Biji Rami
Penuh serat, omega 3, omega 6, dan asam lemak. Sedikit taburan biji rami dapat menyehatkan bagi jantung Anda. Semangkuk oatmeal atau sereal gandum dengan sedikit biji rami cocol sebagai sarapan utama untuk jantung sehat.

10. Kedelai
Kedelai dapat menurunkan kolesterol dan rendah lemak jenuh, sehingga kedelai masih menjadi sumber besar protein untuk diet jantung sehat. Carilah sumber-sumber alam kedelai, seperti edamame, tempe, atau tahu sutra organik. Susu kedelai juga merupakan tambahan yang bagus untuk semangkuk sereal oatmeal atau gandum. Tapi waspadai pula kadar garam dalam kedelai Anda: beberapa varietas olahan seperti anjing kedelai mengandung tambahan natrium, yang bisa meningkatkan tekanan darah.