CiriCara: 5 Cara Mudah Mengatur Keuangan Keluarga

by
December 13th, 2011 at 1:55 am

Sejak dulu, gerakan menabung sudah digalakkan oleh pemerintah. Satu rupiah uang yang kita tabung berarti kita bertambah kaya satu rupiah pula. Namun, banyak orang merasa sulit untuk menabung dengan berbagai macam alasan. Salah satunya, kesulitan untuk mengatur keuangan. Hal ini entah kenapa lebih sering dialami oleh kaum perempuan, terutama para pemudi. Memang benar, menjadi trendi adalah sebuah kebanggaan namun itu tak berarti kita harus membeli barang yang tak begitu kita butuhkan, bukan?

Nah, ada 5 hal yang harus kita perhatikan bila kita ingin mengatur keuangan kita. Mengatur keuangan tak hanya berarti menyisihkan uang untuk ditabung. Mari kita simak bersama 5 cara untuk menghemat pengeluaran berikut ini.

1. Berilah makna baru pada kata “kaya”
Menjadi kaya tak berarti harus mengenakan pakaian mahal dan perhiasan berlimpah untuk dipamerkan ke khalayak ramai. Sederhanakan makna “kaya” menjadi kemampuan untuk mencukupi kebutuhan diri sendiri dan keluarga kini dan di masa mendatang. Apabila kita mampu berbagi dengan dengan orang lain dan tidak merasa kekurangan, maka kitapun sudah “kaya”.

2. Hindari aktivitas window shopping
Banyak orang pergi ke mal atau pusat perbelanjaan dengan tujuan awal ber-window shopping atau berjalan-jalan sambil melihat-lihat produk yang dipajang di etalase sekadar untuk bersantai dan mengisi waktu luang. Namun, banyak dari mereka yang akhirnya melupakan tujuan awal dan berakhir dengan membawa pulang bertas-tas barang belanjaan.

3. Lupakan kartu kredit
Kartu kredit memang sangat berguna bagi mereka yang tak mau repot membawa uang tunai ketika hendak membeli suatu barang. Namun, dengan adanya kartu kredit, orang jadi terangsang untuk membeli banyak barang sekaligus, entah barang itu berguna atau tidak. Beberapa barang juga menjadi lebih mahal harganya jika kita membeli dengan sistem kredit/angsuran.

4. Selalu mencari alternatif
Terkadang orang sering malas untuk membandingkan harga barang yang diincar di satu tempat dan tempat lain. Penting sekali bagi kita untuk mencari alternatif pilihan tempat lain ketika hendak berbelanja karena bukan tidak mungkin kita bisa mendapatkan barang yang sama dengan harga lebih murah di tempat B daripada tempat A.

5. Hidup sehat
Siapa bilang hidup sehat itu mahal? Pilihlah untuk memasak masakanmu sendiri di rumah ketimbang membeli di restoran karena selain lebih sehat sebab kita sendiri yang mengolah, juga lebih hemat karena satu masakan bisa dihidangkan untuk satu keluarga, tak perlu membayar pajak seperti halnya ketika kita membeli makanan di restoran. Dan apabila perlu, masakan bisa dihidangkan 2 kali dalam sehari, misalnya untuk sarapan dan makan siang. Hanya tinggal dihangatkan.

Comment di sini