Ciricara: 7 Cara Sehat Memakai Pendingin Udara

by
December 15th, 2011 at 8:10 am

Pendingin udara atau dikenal dengan istilah AC (Air Conditioner) beberapa tahun yang lalu merupakan suatu alat yang mewah. Namun, belakangan ini hampir setiap rumah sudah memilikinya. Gedung-gedung bertingkat dan perkantoran pun pasti memiliki pendingin udara. Lalu apa efek dari penggunaan AC untuk kesehatan kita?

Sayangnya, udara yang terlalu dingin dan pemeliharaan AC yang buruk bisa menyebabkan masalah. Sistem AC dalam kondisi kotor adalah tempat berkembang biak mikroorganisme, semisal Legionella pneumophila. Mikroorganisme ini bertanggung jawab terhadap penyakit bernama Legionnaires disease alias demam legion, yang bisa menyebabkan pneumonia.

Perubahan suhu yang tiba-tiba dari panas ke dingin juga dapat memengaruhi sistem pernapasan. Selain itu AC juga punya efek mengeringkan terhadap kulit dan selaput lendir yang ada di tubuh.

Agar kita senantiasa tetap sehat meski setiap saat berada dalam ruangan ber-AC, simak tips berikut:

  1. Jangan lupa minum. Air putih lebih baik. Karena tidak berkeringat bukan berarti tubuh tidak membutuhkan air. Minimal delapan gelas perhari wajib hukumnya.
  2. Agar kulit tidak kering, jangan lupa memakai hand and body lotion. Demikian pula dengan pelembab untuk wajah.
  3. Bentengi tubuh dengan vitamin agar tidak mudah tertular penyakit. Terutama untuk mereka yang bekerja di dalam ruangan ber-AC sentral.
  4. Ada ventilasi yang cukup untuk aliran udara. Jangan tertutup total.
  5. Perhatikan jadwal untuk perawatan AC.
  6. Usahakan agar suhu berada pada kisaran 21-25 derajat celcius. Mudah untuk dilakukan di rumah namun mau tidak mau harus menerima suhu berapa pun untuk AC sentral.
  7. Kelembaban dijaga antara 60-70 persen.

Demi mengjaga kesehatan Anda, jangan lupa melakukan ketujuh hal itu yah. Ingat! Mencegah lebih baik dari pada mengobati. :)

Comment di sini