Ciricara: Ciri-ciri Susu Mineral yang Sudah Rusak

by
December 15th, 2011 at 7:14 am

Susu merupakan minuman yang menyehatkan dan mempunyai banyak manfaat untuk tubuh kita. Namun, lain halnya jika kita mengkonsumsi susu yang sudah rusak atau basi. Bisa saja kita akan keracunan dan mengalami gejala sakit perut. Nah, karenanya kita harus bisa menghindari mengkonsumsi susu yang sudah rusak atau basi.

Susu mempunyai daya tahan yang relatif singkat. Susu yang sudah dibuka dari bungkus dan ditempatkan disebuah wadah hanya akan awet palinglama dua jam. Susu segar, yakni yang hanya mengalami proses pasteurisasi (pemanasan) sampai suhu 85 derajat celsius selama 30 detik, sebaiknya segera dihabiskan setelah dibuka. Jika tidak, maka simpan susu dalam suhu dingin (4 derajat celsius).

Pendingin akan berguna untuk mencegah bakteri pembusuk masuk. Biasanya dalam keadaan dingin, susu segar bisa bertahan selama dua hari. Susu segar kemasan yang belum dibuka atau tidak mengalami kebocoran wadah bisa disimpan dalam keadaan dingin paling lama enam bulan.

Berikut adalah beberapa ciri-ciri susu yang sudah rusak dan tidak layak konsumsi:

  • Terjadi perubahan rasa dan aroma, yaitu menjadi asam, busuk, dan tidak segar.
  • Tampak menggumpal atau memisah. Khusus yoghurt, rasanya memang asam, tetapi bila masih bagus, maka aromanya segar dan penampakan produk tidak memisah.
  • Susu kental manis secara alami akan mengalami perubahan warna dan kekentalan. Produk tersebut masih aman dikonsumsi meski warna berubah agak tua dan lebih kental, asalkan rasa dan aromanya masih normal.
  • Untuk susu cair, perubahan warna biasanya menunjukkan indikasi awal kerusakan. Itu tanda adanya pertumbuhan bakteri dan peningkatan keasaman. Jadi, sebaiknya tidak dikonsumsi.
Comment di sini