Berikut Penyebab Diabetes Yang Tak Terduga

by
December 22nd, 2011 at 7:14 am

Penyakit diabetes kini sudah semakin banyak penderitanya. Untuk penyakit diabetes ini gejala awalnya adalah dengan adanya kadar gula yang tinggi dan ketidakmampuan untuk memproduksi insulin (pembekuan darah).

Selain kedua hal itu, penyakit diabetes umunya ditandai dengan sering buang air kecil, mudah haus, penglihatan kabur, serta mati rasa di tangan atau kaki. Jika kamu pernah mengalami hal tersebut berarti kamu sudah terserang diabetes.

Mengenai penyebabnya adalah faktor genetic atau keturunan dan makanan mengandung gula. Namun tahukah kamu selain itu ada beberapa hal lain yang juga bisa membuat kamu terserang diabetes lho. Apa saja?

1. Stres
Studi dari Harvard School of Public Health, Boston, mengklaim bahwa depresi atau stres juga bisa memicu munculnya penyakit diabetes. Bahkan, diabetes juga bisa memicu depresi. Tingkat depresi tinggi akan mempengaruhi kadar gula darah dan metabolism insulin. Sementara itu, diabetes juga data memicu stress kronis. Dengan kata lain diabetes dan depresi itu memiliki keterkaitan secara biologis.

2. Obesitas
Menurut para ilmuan, obesitas atau kegemukan bisa memicu munculnya penyakit diabetes. Penelitian yang dipimpin Ishwarlal Jialal, profesor bidang endikronologi, diabetes, dan metabolisme UC Davis, mengatakan, sel lemak melepaskan indicator yang berhubungan dengan kekebalan insulin serta peradangan kronis pada jantung dan pembuluh darah. Dengan kata lain, orang yang memiliki tubuh obesitas itu rentan terkena penyakit diabetes dan jantung. Jadi, cobalah untuk menjaga berat badan kamu.

3. Kurang minum
Mereka yang minum kurang dari dua gelas per hari memiliki potensi mengembangkan gangguan kadar gula dalam darah. Kondisi ini mengarah pada pra-diabetes yang pada akhirnya menempatkan mereka pada risiko diabetes. Hal ini disebabkan karena produksi hormone vasopressin (hormone yang berperan membantu mengatur retensi air tubuh). Ketika tubuh mengalami dehidrasi, kadar vasopressin akan meningkat, dan membuat ginjal menghemat air. Namun, kadar vasopressin yang tnggi juga meningkatkan kadar gula darah

4. Rokok
Selain bisa menyebabkan kanker dan gangguan pernapasan, rokok juga bisa memicu munculnya penyakit diabetes. Studi Medical Center Universitas Utrecht di Belanda, menunjukkan, kebiasaan merokok memicu perubahan hormon dalam tubuh, terutama wanita pascamenopause. Hormon tersebut bisa memicu munculnya diabetes.

5. Makan terburu-buru
Selain bisa tersedak, makan terburu-buru juga bisa membuat seseorang rentan terserang penyakit diabetes. Sebuah penelitian menyebut bahwa kunyahan cepat meningkatkan kuantitas gula dalam darah seketika. Kondisi ini membuat seseorang cenderung mengembangkan gangguan toleransi glukosa dikenal sebagai pra diabetes yang nantinya mengarah pada diabetes.

Comment di sini