Penyebab Seseorang Merasakan Jatuh Cinta

by
December 22nd, 2011 at 3:05 am

Semua manusia pasti pernah merasakan yang namanya jatuh cinta. Tapi sebenarnya apa sih yang menjadi penyebab manusia bisa jatuh cinta. Lalu, apa jawaban kamu ketika kamu diberi pertanyaan “Mengapa kita bisa jatuh cinta ya?”

Mungkin banyak orang yang menjawab pertanyaan itu dengan mengatakan, “Ya…memang sudah takdir manusia seperti itu”. Tidak salah memang. Dan tetunya jawaban setiap orang pasti akan berbeda-beda termasuk dengan jawaban kamu.

Namun terlepas dari itu semua, ada satu penjelasan yang sifatnya scientific mengenai jatuh cinta. Ada beberapa penjelasan mengenai aktifitas emosi  yang bisa membuat manusia bisa jatuh cinta berdasarkan sudut pandang ilmu biologi atau kedokteran.

Ternyata, manusia bisa merasakan jatuh cinta karena dipengaruhi oleh beberapa hormon yang berbeda. Sekarang kita akan membahas satu persatu hormon yang mepengaruhi atau merangsang kegiatan yang dinamakan cinta.

1. Hormon Dopamine
Seperti yang dikutip dari Wikipedia, hormon ini bekerja selayaknya kokaine (efek ketagihan). Ketika kamu bertemu seseorang yang disuka, Hormon Dopamine ini bekerja dan sifatnya addictive. Mereka yang menyukai pasangannya seakan-akan ketagihan untuk terus bertemu dengan orang yang disukainya itu. Semua rasa itu dipengaruhi oleh Hormon Dopemine.

2. Hormon Fenylethilamin
Hormon ini akan mempengaruhi kondisi dan sistem kerja tubuh seseorang. Ketika kamu bertemu dengan seseorang yang kamu suka, Hormon Fenylethilamin ini akan membuat jantung berdetak kencang dan nafas menjadi cepat. Itulah sebabnya muncul rayuan gombal “Jantungku berdetak kencang saat aku melihatmu” :).

3. Hormon Adrenalin
Sebagian pengaruh Hormon Adrenalin ada yang mirip dengan Fenylethilamin, yakitu mempercepat nafas. Ketika kamui bertemu dengan seseorang yang kamu suka, Hormon Adrenalin ini akan membuat kamu kehilangan nafsu makan karena organ pencernaan jadi bekerja lebih lambat. Dengan kata lain gombalan “Makan jadi ga nafsu karena terbayang wajahmu” itu benar adanya… ha ha ha

4. Hormon Endorpin
Hormon ini hanya akan muncul jika kamu merasakan sakit, kegembiraan, dan orgasm. Namun, rupanya ketika kita jatuh cinta, hormon ini juga bekerja, oleh karena itu orang yang jatuh cinta merasa bahagia (kadang-kadang jadi berlebihan), mulai dari senyum2 sendiri… hem serem yah!! Ha ha ha :)

Nah, itulah penjelasan penyebab orang bisa merasakan jatuh cinta berdasarkan faktor biologi. Kalau penyebab kamu jatuh cinta sama dia itu apa? Jangan lupa komen yah!! :)

Comment di sini