Manfaat Menjaga Kesehatan dan Kebersihan Mulut

by
December 30th, 2011 at 6:08 am

Menjaga kesehatan dan kebersihan mulut tidak hanya membantu untuk memiliki senyum yang menawan dengan gigi yang putih. Menjaga kebersihan mulut juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruan. Tentunya Anda juga menginginkan agar tubuh tetap sehat bukan?

Kebiasaan baik untuk menjaga kebersihan dan kesehatan mulut untuk anak-anak memang sebaiknya diajarkan sedini mungkin. Nantinya, jika sudah terbiasa maka mereka akan selalu menjaga kesehatan dan kebersihan mulut mereka sendiri.

Nah selain bisa menghilangkan bau mulut atau penyakit mulut lainnya, menjaga kebersihan dan kesehatan mulut juga memiliki manfaat lain. Apa saja? Lihat saja jawabannya berikut ini.

1. Meningkatkan kepercayaan diri
Masalah mulut seperti bau mulut, gigi berlubang dan penyakit gusi ternyata bisa berpengaruh pada kepercayaan diri seseorang. Dengan mulut yang sehat yang bebas dari penyakit gusi dan gigi berlubang, kualitas hidup juga dapat menjadi lebih baik. Tentunya hal itu juga akan menumbuhkan rasa percaya diri saat berkomunikasi dengan orang lain. Jadi, tunggu apalagi?! Segeralah jaga kebersihan dan kesehatan mulut Anda.

2. Turunkan resiko penyakit jantung
Peradangan kronis dari penyakit gusi telah dikaitkan dengan perkembangan masalah-masalah kardiovaskular seperti penyakit jantung, penyumbatan pembuluh darah, dan stroke. Karenanya jika Anda rajin menjaga kebersihan dan kesehatan mulut, maka resiko penyakit jantung itu akan berkurang.

3. Mempertahankan daya ingat
Penyakit radang pada gusi (gingivitis) menunjukan hasil buruk pada tes daya ingat dan kemampuan kognitif lain dibandingkan dengan mereka yang memiliki gusi dan mulut sehat. Gingivitis dapat menunjukkan gejala antara lain pembengkakan gusi dan gusi berdarah. Orang-orang dengan radang gusi lebih cenderung berkinerja buruk pada tes lisan untuk daya ingat dan tes keterampilan yang biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

4. Mengurangi risiko infeksi dan peradangan pada tubuh
Jika Anda rajin menjaga kesehatan dan kebersihan mulut maka, Anda akan terhindari dari penyebaran infeksi dan peradangan pada tubuh. Karena kesehatan mulut yang buruk telah dikaitkan dengan perkembangan infeksi pada bagian lain dari tubuh.

5. Membantu menstabilkan gula darah bagi yang memiliki diabetes
Jika kesehatan dan kebersihan mulut Anda terjaga, itu akan membantu menstabilkan gula darah bagi penderita diabetes. Terbukti orang dengan diabetes yang tidak terkontrol seringkali memiliki penyakit gusi. Dengan kata lain kebersihan mulut juga berpengaruh dalam menstabilkan gula darah.

6. Menjaga kesehatan bayi bagi wanita hamil
Perempuan mungkin mengalami peningkatan gingivitis selama kehamilan. Beberapa penelitian menunjukkan hubungan antara penyakit gusi kelahiran bayi prematur dan bayi lahir dengan berat badan rendah. Artinya, kebersihan dan kesehatan mulut bisa mempengaruhi kondisi janin ibu hamil.

Comment di sini