Berikut 12 Jus Segar Yang Bisa Cegah Penyakit Jantung

by
January 2nd, 2012 at 7:09 am

Penyakit jantung menjadi salah satu penyakit yang mematikan di dunia. Disebabkan oleh banyak faktor, penyakit yang menyerang jantung ini rentan terhadap orang yang sudah tua dan mempunyai beban pikiran yang banyak. Tidak ingin terserang olehnya?

Jika tidak ingin terserang penyakit jantung, maka kamu harus mencegahnya. Ternyata selain menjaga pola makan yang sehat, penyakit jantung juga bisa dicegah dengan minuman jus segar. Jus buah-buahan segar ini terbukti ampuh untuk mencegah penyakit jantung. Lalu jus apa sajakah itu?

Berikut beberapa jus segar yang dapat mencegah penyakit jantung, seperti dilansir Buzzle, Senin (2/1/2012):

1. Jeruk
Buah jeruk banyak mengandung hesperidin, vitamin C yang dapat menurunkan tekanan darah diastolik dan meningkatkan fungsi endotel (dinding pembuluh darah). Hal ini akan sangat membantu mencegah penyakit jantung yang disebabkan oleh tekanan darah tinggi.

2. Anggur
Anggur terutama anggur merah dan ungu banyak mengandung flavonoid dan resveratrol yang dapat meningkatkan kesehatan sel-sel yang melapisi pembuluh darah. Ini akan bermanfaat untuk mencegah penyebaran penyakit melalui darah.

3. Delima
Seperti yang kita tahu, buah delima kaya akan polifenol yang sangat bermanfaat untuk jantung, antara lain untuk mencegah dan menurunkan aterosklerosis (penebalan dinding arteri), mengontrol kolesterol dengan mengurangi LDL (kolesterol jahat dan meningkatkan HDL (kolesterol baik).

4. Apel
Apel banyak mengandung fitonuterien (fitokimia) dan pectin yang bertindak sebagai antioksidan dan berfungsi menurunkan kolesterol jahat (LDL).

5. Kiwi
Buah kiwi sangat kaya dengan mengandung vitamin C yang sangat baik sebagai antioksidan dan meningkatkan elastisitas dan kekuatan pembuluh darah.

6. Alpukat
Kandungan terbaik alpukat adalah kalium dan natrium yang dapat mengontrol ketegangan di arteri dan kolesterol.

7. Stroberi
Buah stroberi kaya akan kalium, magnesium dan vitamin C yang dapat mengatur tekanan darah, bertindak sebagai antioksidan dan membantu dalam relaksasi otot arteri.

8. Blewah
Buah blewah banyak mengandung beta-karoten, vitamin C dan vitamin B kompleks yang bertindak sebagai antioksidan dan antikoagulan (pengencer darah), serta mencegah atherosclerosis (pembetukan plak di dinding arteri) dan tekanan darah tinggi. Dengan kata lain buah blewah bisa membantu meringankan kerja jantung dalam memompa darah.

9. Lidah buaya
Lidah buaya banyak mengandung beta-sitosterol yang dapat menurunkan kadar kolesterol, meningkatkan sirkulasi daraj dan memperkuat pembuluh vena dan arteri.

10. Wortel
Kandungan wortel adalah beta-karoten, glutathione (GSH) yang mengurangi kadar kolesterol dan mengurangi tekanan darah sistolik.

11. Tomat
Tomat banyak mengandung lycopene, phytonutrients (glycoside-esculeoside A0, flavonoid (chalconarngenin), 9-oxo-octadecadienic acid yang menghambat agregasi trombosit, menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida, serta juga bertindak sebagai antioksidan.

12. Mentimun
Mentimun mengandung beta-karoten, mangan yang bertindak sebagai antioksidan dan membantu menangkal radikal bebas.

Sebelum membuatnya pastikan buah dalam kondisi segar dan masih bagus. Cucilah buah yang baru kamu beli hingga bersih dengan menggunakan air mengalir. Bila tidak suka dengan kulit buah, kamu bisa mengupasnya terlebih dahulu.

Itulah jus-jus yang sudah terbukti mampu mencegah penyakit jantung. Jadi tunggu apalagi, langsung saja buat jus segar ini. :)

Comment di sini