CiriCara: 6 Cara Mendinginkan Emosi

by
January 2nd, 2012 at 4:42 am

Dalam kehidupan pertengkaran memang tidak bisa dihindari. Jika tidak hati-hati, masalah kecil akan menjadi besar. Jika kamu tidak bisa mengendalikan emosi, bukan tidak mungkin hubungan baik akan menjadi rusak. Jadi, belajarlah untuk mendinginkan emosi saat bertengkar.

Pertengkaran akan menjadi ruyam jika kedua belah pihak sama-sama emosi. Tidak mudah memang, tapi kamu harus bisa mengendalikan emosi kamu. Berikut ada beberapa cara yang bisa membantu kamu dalam menngendalikan emosi saat bertengkar.

1. Tenang
Ambil jeda waktu beberapa menit ketika muncul perasaan ingin ‘meledak’. Kamu bisa pergi ke ruangan lain dan lepaskan ‘ledakan’ itu di sana. Bila perlu, ambil waktu lebih panjang. Setelah tenang, temui kembali pasangan dan selesaikan masalah dengan kepala dingin.

2. Tarik napas
Selain bisa menghilangkan rasa grogi atau gugup, tarik napas juga bisa membantu kamu untuk mengendalikan emosimu. Tarik napas dalam-dalam dan lepaskan perlahan. Lakukan terus secara perlahan hingga kamu merasa tenang.

3. Menangis
Biasanya orang yang sedang marah atau kesal dengan seseorang cenderung akan lebih cengeng. Tidak apa, menangis saja ketika kamu merasa sudah tidak bisa menahannya.Ternyata setelah menangis itu kamu akan merasa lega dan tenang. Jika malu, menangislah di tempat yang sepi seperti kamar tidur atau kamar mandi.

4. Tetap bersabar
Terkadang kita emosi karena kena marah oleh bos di kantor, orang tua atau guru di sekolah. Jangan luapkan emosi kamu di depan semua orang itu, karena itu bisa memicu masalah baru. Bersabarlah, luapkan emosi kamu di tempat lain. Itu akan membantu kamu terhindar dari masalah baru.

5. Curhat
Siapa bilang curhat hanya untuk masalah percintaan saja? Curhatkanlah semua kekesalan kamu kepada temanmu. Itu akan membantu kamu dalam meringankan beban di hati. Tapi ingat, kamu jangan marah-marah yah sama teman curhat kamu, kasihan dia. :)

6. Berpikir positif
Terkadang orang akan emosi dan kesal saat ada orang yang meremehkan dan menghinanya. Misal, dikatain bodoh, culun atau bahkan banci karena kamu tidak bisa melakukan suatu hal yang mereka bisa. Jangan marah, kendalikan emosi kamu dengan berpikir positif. Pikirkan hal agar kamu bisa menyaingi mereka agar mereka terkejut dan tidak bisa bekata-kata. Itulah cara yang tepat untuk membalas mereka.

Nah itulah beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk mengendalikan emosi. Tetaplah tenang karena emosi tidak akan menyelesaikan masalah. :)

Comment di sini