Berikut Makanan Yang Bisa Meningkatkan Mood

by
January 3rd, 2012 at 9:48 am

Selain bisa mengenyangkan perut yang lapar, makanan juga bisa mempengaruhi suasana hati (mood). Makanan dapat mempengaruhi mood atau suasana hati seseorang, tergantung bagaimana kamu menggunakannya. Lalu makanan apa saja itu?

Ada makanan tertentu yang akan menambah positif pikiran dan meningkatkan mood kamu. Berikut beberapa makanan yang dapat membuat mood baik seperti yang dilansir timesofindia,  Selasa (3/1/2012):

1. Kentang
Kentang merupakan alternatif yang bagus untuk meningkatkan suasana hati karena kaya akan folat. Kandungan folat yang terkandung dalam kentang akan membantu menjaga gula darah tetap stabil.

2. Kacang-kacangan
Kacang-kacangan merupakan salah satu sumber tebaik dari mineral selenium yang meningkatkan suasana hati dan mengurangi kecemasan serta galau.

3. Asam lemak omega 3
Beberapa penelitian menunjukan bahwa asam lemak omega 3 tak jenuh ganda yang ditemukan pada ikan, biji rami dan kenari dapat membantu dalam melindungi terhadap depresi. Omega 3 tak jenuh juga bermanfaat untuk menenangkan hati dan menjaga mood atau suasana hati seseorang.

4. Telur
Telur merupakan sumber zinc yang banyak. Zinc akan membantu kamu terjaga dan energik dengan membantu mengatur metabolisme dan gula darah.

5. Yoghurt
Yoghurt banyak mengandung kalsium dan protein, yang baik untuk mengurangi perubahan suasa hati, depresi dan kecemasan.

6. Bayam
Bayam kaya akan zat besi, yang dapat meningkatkan energy dan konsentrasi, serta membantu mengurangi kelelahan. Bayam juga merupakan sumber vitamin B6 dan folat, yang penting untuk mendukung kemampuan otak untuk menghasilkan neurotransmitter yang meningkatkan suasa hati.

Selain makanan yang meningkatkan mood itu, ada juga makanan yang justru memperburuk mood lho. Diantaranya yakni, makanan yang mengandung karbohidrat dan tinggi gula. Kedua makanan itu hanya akan meningkatkan mood sementara setelah itu justru memperburuk mood.

Jadi, pandai-pandailah dalam memilih makanan, khususnya cemilan saat kamu bersantai di rumah. Karena bisa jadi makanan yang kamu makan itu hanya akan membuat suasana hati atau mood kamu itu jadi rusak dan tidak bersemangat. Jadi berhati-hatilah dalam memilih makanan. :)