CiriCara: Cara Berhenti Merokok

by
January 4th, 2012 at 8:15 am

Merokok merupakan aktivitas yang membahayakan kesehatan. Baik itu terhadap diri sendiri ataupun orang lain. Kamu sudah berusaha untuk berhenti merokok namun selalu gagal? Mungkin ada beberapa langkah yang salah.

Rokok memang membuat orang yang mengkonsumsinya akan menjadi ketagihan dan akan sulit berhenti. Meskipun begitu, merokok tetap bisa berhenti asalkan kamu serius ingin berhenti. Untuk memudahkan kamu, berikut ada beberapa cara untuk menghentikan kebiasaan merokok.

1. Niat dan motivasi yang sungguh-sungguh.
Segala sesuatu tidak akan berhasil jika tidak ada niat yang sungguh-sungguh. Begitu juga dengan keinginan berhenti merokok, jika tidak sungguh-sungguh pasti rencana itu akan gagal. Karenanya jika kamu ingin berhenti merokok maka pupuklah niat dengan sungguh-sungguh mulai dari sekarang.

2. Lakukan terapi nikotin
Ketika kamu berhenti merokok, nikotin bisa membuat kamu merasa frustasi, depresi, gelisah atau marah. Terapi pengganti nikotin bisa bantu atasi masalah ini. Caranya dengan mengkonsumsi permen karet nikotin dan lozenges. Jika dilakukan secara intensif maka kebiasaan merokok akan hilang. Namun hati-hati, penggunaan produk seperti ini sambil merokok tidak dianjurkan.

3. Makan buah dan sayuran
Sebaiknya jangan lakukan diet saat kamu berusaha untuk berhenti merokok. Fokuslah untuk memakan lebih banyak buah, sayuran dan makanan rendah lemak. Menurut studi di Duke University, makanan-makanan ini akan membuat rokok terasa mengerikan dan pahit di lidah.

4. Bergerak
Aktivitas fisik dapat membantu mengurangi kecanduan nikotin dan meringankan beberapa gejalanya. Bila keinginan merokok muncul, alihkan keinginan itu dengan melakukan olahraga seperti jogging. Olah raga ringan seperti jalan kaki dan bersepeda di taman juga bisa menghindari kelebihan berat badan saat berhenti merokok.

5. Makan makanan ringan
Alihkan keinginan untuk merokok kamu dengan memakan makanan ringan untuk bersantai saat di rumah. Makanan ringan juga bisa membantu kamu dalam melupakan rokok. Tapi, pilihlah makanan ringan yang benar-benar bergizi agar tubuh tidak menjadi gemuk. Jangan lupa juga untuk olahraga setiap hari. :)

6. Menghindar dari teman perokok
Berkumpul dengan teman-teman perokok akan memunculkan rasa ingin merokok dalam diri kamu. Jadi, menghindarlah dari mereka apalagi saat mereka sedang merokok. Jika kamu benar-benar serius berhenti merokok maka hindarilah segala sesuatu yang berbau rokok. Jika takut teman marah, kamu bisa mengatakan sedang menjalani program berhenti merokok dan bisa saja mereka juga mengikuti jejak kamu:)

7. Lakukan secara bertahap
Berhenti merokok memang tidak akan bisa dilakukan sekaligus, lakukanlah secara perlahan. Yang biasanya satu hari satu bungkus, cobalah untuk satu hari setengah bungkus. Tadinya satu hari 2 batang coba kurangi jadi 1 batang. Kurangi terus konsumsi rokok kamu setiap harinya, entah itu 1 batang perhari atau labih. :)

Ingat bahaya merokok akan terasa setelah satu tahun atau dua tahun lebih di mana kamu sudah semakin tua dan rentan terhadap penyakit. Bahaya rokok bukan hanya kamu yang merasakan, tapi orang disekeliling kamu termasuk adik, ibu, ayah, kakak, atau bahkan istri dan anak kamu.

Selamat mencoba cara di atas dan semoga berhasil. :)

Comment di sini