Termasuk Tipe Pekerja Yang Manakah Anda?

by
January 4th, 2012 at 6:09 am

Bergejolaknya ekonomi membuat banyak orang kesulitan mencari pekerjaan. Ditambah dengan tenaga pekerja yang makin bertumbuh, sementara pasaran lowongan kerja masih terbatas dan makin ketatnya persaingan membuat Anda kesulitan untuk menghadapinya.  Jadi, apa yang bisa Anda lakukan?

Yang perlu Anda lakukan adalah berusaha dengan sebaik-baiknya dan carilah pekerjaan yang tepat untuk pribadi Anda. Untuk menemukan pekerjaan yang tepat, Anda harus tahu dulu tipe pekerja macam apa Anda ini?

Berikut tipe-tipe cara pekerja melakukan pekerjaanya:

1. The Builder
Ini merupakan tipe kepribadian yang terbuka dengan segala macam kesempatan untuk mengembangkan bisnis baru atau fungsi baru untuk membuka sebuah lahan baru.
Ciri-ciri: dia mencintai sebuah teritori yang belum dimiliki orang lain. Bekerja amat baik untuk mencapai suatu tujuan yang di tetapkan. Tipe yang tidak kenal lelah untuk mencapai tujuan yang ditetapkan dalam bisnis dan umunya dia adalah pemimpin sejati

2. The Transformer
Tipe ini adalah orang yang senang dengan perubahan. Mereka bisa maju melawan segala kekacauan dan perubahan. Tipe ini sangat mudah beradaptasi dan akan baik menghadapi perubahan dan kemungkinan perubahan ke arah yang lebih baik. Mereka biasanya tidak akan menunggu agar terjadi perubaha, tetapi akan mencari kesempatan untuk melakukan perubahan. Mereka cenderung bosan menghadapi keadaan yang sama dari waktu ke waktu

3. The Processor
Tipe ini adalah tipe yang senang meneliti dan mengamati sesuatu. Mereka suka mengkaji informasi dan data untuk melihat apa yang akan dihasilkan. Mereka mengantisipasi apa perubahan yang dibutuhkan untuk menindaklanjuti informasi yang mereka dapatkan.

4. The Altruist
Tipe ini adalah tipe orang yang memiliki gairah besar untuk memberi. Ia akan sangat baik jika ditempatkan sebagai contoh moral perusahaan. Altruis akan menantang perusahaan untuk bisa memberikan sesuatu yang baik kepada masyarakat.

5. The Conenector
Dengan sebuah gairah untuk berkomunikasi, bernegosiasi dan membangun jembatan di antara manusia, tipe ini adalah jagonya. Mereka sering mencari kesamaan dari dua pihak yang bertikai agar bisa menyatukan visi dan jalan. Tipe ini sangat cocok bekerja sebagai marketing atau sales baik milik orang lain ataupun usaha sendiri.

6. The Creator
Tipe ini adalah tipe yang suka menciptakan suatu hal yang baru dan belum ada. Selalu berpikir inovatif dan kreatifitas yang tidak terbatas dimiliki oleh orang tipe ini. The Creator sangat cocok bekerja di bagian design atau projek leader di perusahaan.

7. The Teacher
Mereka adalah orang-orang yang senang mengajak orang lain untuk belajar dan pencari pengetahuan. Tipe ini sangat senang berbagi pengetahuan kepada orang lain. Tipe ini cocok bekerja sebagai guru, dosen, mandor atau menjadi manager perusahaan. Karena dia mampu membimbing anak buahnya dengan baik.

Itulah tipe-tipe pekerja berdasarkan karakter dan sifatnya. Kalau kamu termasuk tipe pekerja yang mana? :)

Comment di sini