CiriCara: Cara Menjaga Hubungan Persahabatan

Manusia tidak akan bisa bertahan hidup di dunia tanpa adanya bantuan dari manusia lain. Hubungan persahabatan akan menjadi salah satu cara untuk kita berinteraksi dengan individu lain. Jadi, jagalah hubungan persahabatan kamu dengan baik. Mau tahu caranya?

Hubungan persahabatan juga sering mendapat masalah dan ujian. Jika kita tidak bisa melewatinya dengan baik maka hubungan persahabatan akan rusak. Agar hubungan persahabatan tidak rusak, berikut ini adalah beberapa tips menjaga persahabatan:

1. Memberi dan menerima
Inilah inti persahabatan. Salah satu tips menjaga persahabatan yang paling ampuh. Kamu jangan hanya menerima dan jangan juga hanya memberi. Anda dan sahabat harus saling memberi dan menerima. Tak perlu barang berharga, kehadiran di saat dibutuhkan juga merupakan pemberian tak ternilai.

2. Saling terbuka dan jujur
Dengan sahabat kamu bisa berbagi kebahagiaan dan kesedihan. Jika kamu menginginkan persahabatan yang tahan lama, kamu harus mengisinya dengan kejujuran dan keterbukaan. Dengan keterbukaan dan kejujuran kamu, sahabat akan tahu sifat karakter dan hal yang tidak kamu suka. Dengan begitu tidak akan ada perselisihan diantara kamu dan sahabat

3. Ingatkan dia ketika sahabat berbuat salah
Sebagai manusia biasa sahabat juga bisa melakukan kesalahan. Jika kamu tahu sahabat kamu berbuat kesalahan, ingatkanlah ia. Jangan kamu biarkan begitu saja, tentu kamu tidak ingin sahabat kamu itu terkena masalah? Jadi ingatkan dia.

4. Minta maaf dan memaafkan
Perselisihan dalam hubungan persahabatan pasti akan ada. Tak peduli siapa yang bersalah dalam hal ini, kamu bisa meminta maaf duluan agar hubungan tetap terjaga dengan baik. Jika dia melakukan kesalahan maka maafkanlah dia, itu baru sahabat yang baik. :)

5. Saat berselisih pendapat
Ada saatnya kamu berselisih pendapat dengan sahabat kamu. Demi menjaga hubungan persahabatan, kamu tidak perlu membawa masalah tadi hingga jauh ke dalam hati. Anggaplah ini suatu perbedaan yang biasa terjadi dan sebagai bumbu persahabatan kamu. Bila perlu kamu mengalah saja agar hubungan tetap baik. Ingat mengalah bukan berarti kalah. :)


comments powered by Disqus

Leave a Reply