CiriCara: Cara Belanja Agar Tetap Hemat

by
January 6th, 2012 at 3:30 am

Wanita dan belanja adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Karena hampir semua wanita suka dengan yang namanya belanja atau shopping. Karena kebiasaan itulah terkadang mereka jadi boros sekali dengan keuangan mereka. Bagaimana cara mencegahnya?

Mulai dari belanja pakaian, ke salon dan bahkan belanja sepatu tidak pernah wanita lupakan saat berada di mal atau pusat perbelanjaan lainnya. Agar kamu tidak menjadi wanita sperti itu, berikut ada beberapa cara belanja tanpa membabi buta.

1. Buat daftar
Jika kamu ingin pergi ke pusat perbelanjaan, lebih baik buatlah daftar keperluan kamu dari rumah. Hal ini akan jauh lebih efektif dan sistem belanja kamupun akan lebih fokus dengan barang yang memang diperlukan saja.

2. Pilih barang yang murah tapi tidak murahan
Jika kamu ingin berbelanja pilihlah barang yang murah tapi tidak murahan. Semakin ketatnya persaingan antar toko, tentu membuat para penjual juga akan memberikan harga yang bersaing dari saingannya. Tak jarang ada penjual yang menawarkan barang jualannya dengan murah agar ramai pengunjung. Nah, kamu bisa memanfaatkan situasi tersebut. :)

3. Pengendalian diri
Berlatih mengendalikan diri, jangan langsung membeli sebuah barang begitu kamu melihat dan menyukainya. Coba lihat dulu toko-toko lain yang mungkin menjual produk serupa namun dengan harga lebih murah. Kalau kamu merasa bahwa benda itu masuk kategori harus dimiliki, minta pelayan toko untuk menyimpannya terlebih dahulu untuk mencegah pembelian implusif.

4. Jangan pergi ke pusat perbelanjaan jika tidak ada barang yang akan dibeli
Terkadang rasa ingin berbelanja muncul begitu saja saat kamu sedang berada di tempat perbelanjaan. Ketika kamu menlihat suatu barang yang baus kamu pasti akan tertarik untuk membelinya. Karenanya jangan pergi ke tempat perbelanjaan jika memang kamu tidak ingin membeli sesuatu.

5. Atur uang untuk belanja
Buatlah daftar belanjaan dan beserta kisaran harga dari barang yang akan dibeli. Bawalah uang yang pas untuk membeli semua barang tersebut. Dengan begitu kamu tidak akan membeli barang yang tidak ada dalam daftar karena uang yang dibawa memang hanya untuk membeli barang yang ada di daftar. Tapi kamu harus berhati-hati, karena perkiraan bisa saja salah. :)

Itulah beberapa cara yang bisa kamu coba agar keuangan kamu lebih aman saat belanja. Apalagi jika kamu memang orang penggila belanja. Menghematlah agar kamu bisa menabung untuk masa depan kamu. :)

Comment di sini