CiriCara: Cara Bijak Gunakan Kartu Kredit Agar Keuangan Tetap Aman

by
January 6th, 2012 at 6:25 am

Dengan menggunakan kartu kredit kita bisa membayar barang belanjaan kita tanpa harus mengeluarkan uang kes. Dengan kartu kredit keamanan Anda lebih terjamin dibandingkan saat Anda membawa uang kes puluhan juta rupiah. Tapi jika tidak bijak dalam menggunakannya, kartu kredit juga bisa menjadi bumerang untuk Anda.

Kartu Kredit sesungguhnya merupakan alat pembayaran yang mahal. Bila belum mempunyai kartu kredit ini sebaiknya jangan ingin memilikinya. Atau jika sudah memiliki satu jangan pernah berpikir untuk menambahnya. Karena itu hanya akan berdampak buruk bagi keuangan Anda.

Jika sudah terlanjur punya kartu kredit, simaklah beberapa tips cara menggunakan kartu kredit secara bijak berikut:

1. Bak Pisau Bermata Dua
Kartu kredit itu bagai pisau bermata dua. Jika digunakan secara bijaksana dan disiplin, akan banyak gunanya. Tapi bisa mencelakakan kalau digunakan secara kurang hati-hati, tak terkontrol. Bisa menimbulkan bencana keuangan yang besar. Jadi, berhati-hatilah dan cermatlah dalam menggunakannya untuk berbelanja.

2. Jangan hanya bayar tagihan minimumnya
Jangan membayar hanya sebesar angka minimum pembayaran. Karena jika Anda hanya membayar tagihan minimum dari jumlah tagihan saja, kemungkinan hutang Anda tidak akan terlunasi. Apalagi jika pihak bank melakukan sistem bunga tagihan, itu hanya akan memberatkan keuangan Anda. Lebih baik bayar semua hutang Anda agar tidak dikenakan bunga perbulannya.

3. Tinggalkan kartu kredit Anda di rumah
Sebaiknya bawalah kartu kredit hanya jika Anda telah berencana untuk berbelanja atau melakukan transaksi. Tak perlu dibawa setiap hari, apalagi kalau memiliki kartu kredit lebih dari satu. Tak perlu dibawa semua, untuk mengurangi resiko belanja impulsif (tanpa perencanaan) atau resiko kehilangan dompet Anda.

4. Jangan terlambat membayar tagihan
Berusahalah untuk selalu tepat waktu dalam membayar tagihan kartu kredit Anda. Karena jika Anda terlambat, Anda akan dikenakan denda yang sudah ditentukan pihak bank. Pembayaran Anda untuk bulan ini juga bisa saja sia-sia karena hanya bisa menutup tagihan denda saja bukan hutang. Jadi cobalah untuk tepat waktu jika membayar tagihan.

5. Bernegosiasilah dengan pihak Bank
Tak ada salahnya menghubungi bank penerbit kartu kredit untuk membicarakan jadwal pembayaran kredit yang tak mampu Anda bayar. Jika angsuran minimalnya bisa dibuat lebih kecil mungkin bakal semakin memperingan biaya bulanan Anda. Ini urusan darurat dengan harapan semoga saja kehidupan Anda esok hari akan lebih baik. Bank penerbit kartu kredit juga biasanya mau diajak negosiasi, daripada mereka harus kehilangan tagihannya sama sekali. Jadi, jangan takut mencoba cara ini.

Itulah beberapa cara aman menggunakan kartu kredit. Jangan mudah tergiur dengan fasilitas dan kemudahan yang ditawarkan oleh pihak penyedia kartu kredit. Karena pada intinya Anda sendiri yang akan kesulitan membayar tagihannya.

Comment di sini