CiriCara: Cara Membuat Kreasi Bakso Sarang Burung

by
January 6th, 2012 at 7:30 am

Apa yang ada dibenak pikiran kamu ketika mendengar bakso sarang burung? Tenang, tidak usah takut dan bingung dengan nama bakso yang unik ini. Meski namanya bakso sarang burung, bakso ini tidak terbuat dari sarang burung juga kok. Gak percaya?

Meski namanya terdengar aneh dan membingungkan, tapi bakso ini tetap mempunyai citra rasa yang enak lho. Kombinasi ayam, udang, soun dan jamur semua terasa nikmat saat kita mengaduknya jadi satu. Hem enaaakkk… apalagi ditambah dengan kental dan harumnya kaldu ayam dari bakso ini. :)

Mau mencicipinya? Gak usah jauh-jauh kok, kamu juga bisa membuat bakso sarang burung ini sendiri lho. Mau tau caraya? Langsung saja simak cara membuatnya berikut ini:

Kreasi Bakso Sarang Burung

Bahan:
- Bakso: 250 gr
- Ayam cincang secukupnya
- 250 gr udang cincang
- 25 gr soun (bihun), rendam air hangat, tiriskan, iris kasar
- 5 gr jamur kuping, rendam air panas, tiriskan, iris halus
- 100 gr wortel, potong membentuk dadu kecil
- 1 sdm daun bawang iris halus
- 4 sdm tepung sagu
- 1 btr telur 1 sdm kecap asin
- ½ sdt lada
- ½ sdt garam

Bahan kaldu:
- 250 gr tulangan ayam (masih ada dagingnya juga ga pa2)
- Kulit udang
- 1500 ml air
- 2 btg daun bawang iris halus
- 4 siung bawang putih, iris tipis, goreng, haluskan
- 1 sdt garam
- ½ sdt lada
- 1 sdt minyak wijen

Cara membuat:
1. Kaldu: rebus tulang ayam, kulit udang dan air hingga mendidih, kecilkan apinya masak hingga air tinggal setengah, angkat, saring dari tulang dan kulit udang itu.

2. Campur semua bahan bakso, aduk rata. Panaskan kaldu, ambil adonan bakso dengan 2 buah sendok teh, bentuk bulat-bulat, masukkan ke dalam kaldu, masak hingga mendidih. Jika takut bakso kurang matang, kamu bisa memasak bakso di air mendidih dahulu baru kemudian masukan ke kaldu tadi.

3. Siapkan mangkuk dan taruh biun yang dibentuk seperti sarang burung di dalam mangkuk. Jika kurang asin, kamu juga bisa menambahkan garam secukupnya.

4. Setelah bakso benar-benar matang, tambahkan minyak wijen, masak hingga mendidih. Angkat baksonya ke mangkuk yang sudah ada sounnya, tuangkan kaldu dan taburkan bawang goreng di atasnya.

Selamat mencoba!! :)

Comment di sini