Kenapa Susah Untuk Menabung?

by
January 6th, 2012 at 9:15 am

Kebiasaan menabung untuk sebagian orang memang terbilang sulit dan tidak banyak yang bisa melakukannya. Apalagi jika mereka termasuk tipe orang yang gemar berbelanja dan pantang untuk menabung. Ingin berubah dari kebiasaan buruk itu?

Kebiasaan menabung jika tidak dilakukan sejak dini memang agak sulit. Tapi kalo kamu benar-benar berniat untuk memulai menabung dari sekarang, sebaiknya hindari pola pikir atau hal-hal dibawah ini:

 

1. Tak Ada Uang
Alasan seperti ini sering diutarakan oleh banyak orang yang memang tidak suka menabung. Mereka beralasan tidak ada uang karenanya mereka tidak menabung. Hindari hal ini, jangan terus kamu berpatokan dengan hal ini. Pikirkan kemana saja uang gaji kamu satu bulan? Apakah benar-benar dimanfaatkan dengan baik atau tidak. Tinjau ulang semua anggaran belanja kamu bulan kemarin. Pasti seharusnya ada uang lebih dari gaji kamu.

2. Jangan andalkan pemikiran “menabung jika masih ada sisa”
Ini terkesan sangat pasrah dan tidak berniat menabung. Jika kamu mengandalkan sisa uang dari penghasilan setelah dipakai berbagai keperluan untuk ditabung, maka kemungkinan besar tidak akan ada sisanya. Kalaupun ada, biasanya jumlahnya sangat kecil. Jadi buang jauh-jauh pemikiran semacam itu. Mulai sekarang, beri tarjet berapa uang yang akan kamu tabung perbulan atau bahkan perhari.

3. Masih ada waktu
Ingat istilah “waktu ada uang”, jika iya maka jangan sia-siakan waktumu. Anggapan masih ada banyak waktu itu hanya akan mendorong kamu bertindak malas dalam menabung. Manfaatkanlah waktumu dengan sebaik mungkin. Belajarlah menabung sejak sekarang karena waktu tidak akan menunggumu.

4. Keluarga kaya
Latar belakang orang tua yang sudah kaya terkadang membuat banyak orang berpikir mereka tidak perlu menabung lagi. Padahal, belum tentu kekayaan itu untuk selamanya. Ingat, ekonomi dan hidup seseorang itu bisa berubah kapan saja, terkadang di atas terkadang di bawah. Jadi, sebelum terlambat menabunglah mulai dari sekarang agar masa depan kamu lebih terjamin. Jangan terus berpangku tangan dengan orang tua, berusahalah untuk meraih sukses sendiri.

5. Dia sudah menabung
Anggapan seperti ini sering dijadikan alasan para istri malas menabung. Dengan asumsi kalau suami sudah menabung istri tidak perlu menabung itu adalah kesalahan besar. Sebaiknya jika Anda mempunyai uang lebih, tak ada salahnya memiliki tabungan sendiri. Sekedar berjaga-jaga, tak ada salahnya kan?

Itulah lima hal yang harus kamu hindari saat ingin menabung. Buang jauh-jauh kelima anggapan itu dan mulai fokuslah dengan niat menabung kamu. Dengan begitu masa depan kamu akan lebih terjamin.

Comment di sini