CiriCara: Cara Membuat Camilan Misro Isi Gula Merah

by
January 9th, 2012 at 8:34 am

Panganan ringan murah meriah berbahan dasar singkong ini membuatnya gampang banget. Panganan ini cocok sekali untuk teman minum teh di sore hari apalagi di musim hujan seperti ini. Rasanya gurih dan manis. Mau tahu cara membuatnya?

Camilan yang satu ini memang tidak banyak yang tahu khususnya mereka yang ada di kota. Selain namanya yang berbeda-beda di setiap daerah, camilan ini juga jarang sekali ditemukan di kota-kota besar seperti Jakarta. Nah agar tidak asing dengan camilan ini, yuk kita coba bikin sendiri di rumah.

Bahan:
- 500 gram singkong, parut
- ½ butir kelapa, kupas, parut
- ½ sdt garam
- 200 g gula merah, sisir halus
- Minyak goreng (untuk menggoreng adonan)

Cara Membuat:
1. Campur singkong parut, kelapa dan garam, aduk rata. Aduk sampai semua bahan tersebut menjadi satu dan tercampur sempurna.
2. Bentuk bulat campuran singkong tersebut dan isi tengahnya dengan gula merah yang sudah disisir kecil-kecil. Kemudian adonan di bentuk bulat panjang (bentuk tergantung selera)
3. Jika adonan mudah pecah dan hancur, coba untuk menambahkan tepung sebagai perekatnya. Jika singkong terlalu berair, peras sedikit untuk mengurangi kadar airnya.
4. Kemudian adonan yang sudah dibentuk kita goreng dalam minyak panas yang sudah disiapkan. Tunggu adonan sampai berwarna kuning keemasan kemudian tiriskan.
5. Misro isi gula merah siap dihidangkan di piring dan ditemani secangkir teh hangat untuk menambah kehangatan di sore hari.

Jika sudah tahu caranya, sekarang saatnya kamu coba membuatnya untuk orang-orang di rumah. Kamu bisa menyantapnya bersama keluarga sambil menonton televisi dan ditemani secangkir teh hangat. Pasti suasana sore di rumah kamu akan lebih hangat dan menyenangkan tentunya.

Selamat mencoba!! ;)

Comment di sini