CiriCara: Cara Persiapkan Dana Pensiun Sejak Dini

by
January 9th, 2012 at 1:54 am

Umur manusia setiap hari pasti akan bertambah, yang tadinya muda pasti akan menjadi tua. Itu artinya ada saat dimana Anda sudah tidak mampu lagi bekerja dan harus pensiun. Tidak mau hidup tua dengan sengsara? Siapkanlah dana pensiun Anda sedini mungkin.

Ketika menatap masa tua, seseorang tentunya ingin hidup dalam level yang nyaman dan tenang tanpa harus memikirkan biaya hidup. Untuk itu Anda perlu menyiapkan dana semenjak usia muda. Bagaimana caranya?

1. Menabung
Cara mudah untuk menyiapkan dana pensiun Anda di masa tua nanti adalah menabung. Cobalah untuk menabungkan sebagian penghasilan Anda mulai dari sekarang. Uang yang ditabung tersebut akan membantu Anda dalam mempersiapkan kehidupan di masa tua nanti. Makanya ayo menabung!! :)

2. Membuka usaha sampingan
Ketidakpastian biaya hidup masa depan memaksa kita harus pandai memutar otak untuk mendapatkan dana pensiun. Anda bisa membuka usaha sampingan agar bisa digunakan sebagai tambahan dana untuk membiayai kehidupan pensiun.

3. Mengikuti program pensiun
Coba Anda mengikuti program pensiun yang ditawarkan oleh asuransi unit link atau bank, seperti DPLK (Dana Pensiun Lembaga Keuangan) dan sejenisnya. Tapi ingat, Anda harus hati-hati memilih perusahaan penyelenggara program pensiun, karena ada pula yang tidak transparan, korupsi, atau salah kelola sehingga menyebabkan tidak terbayarnya dana Anda saat pensiun tiba. Cara ini sangat cocok untuk Anda yang kurang gemar dalam menabung sendiri.

4. Bikin usaha sendiri
Bagi Anda yang masih bekerja dengan orang lain tidak ada salahnya mulai memikirkan peluang untuk membuka usaha sendiri. Karena tidak mungkin Anda terus bekerja dengan orang lain sementara umur Anda terus bertambah tua setiap harinya. Karenanya, cobalah untuk memikirkan alternatif usaha apa yang bisa sukses untuk Anda. ;)

5. Persiapkan aset standar mendasar
Selagi masih muda tidak ada salahnya kita persiapkan hal-hal dasar yang akan berguna sampai kakek nenek nanti seperti, rumah dan perabotannya. Usahakan untuk memilih lokasi rumah yang bagus untuk membesarkan anak dan merupakan investasi yang bagus di masa depan. Dengan begitu Anda akan merasa tenang saat tua nanti.

6. Persiapkan sosial kemasyarakatan
Manusia adalah makhluk sosial yang membutuhkan komunikasi dan uluran tangan orang lain untuk bertahan hidup, apalagi jika kita sudah tua. Selain keluarga sendiri, bantuan dari tetangga kita sangat kita butuhkan saat menemui masalah. Karenanya mulai sekarang Anda bisa mulai mempersiapkannya dengan membantu orang-orang di sekitar Anda tanpa pamrih karena kelak kita juga akan membutuhkan bantuan mereka.

Itulah langkah yang harus dilakukan untuk menyambut masa pensiun kita. Jika tidak ingin hidup tua yang sengsara maka lakukanlah keenam hal tersebut mulai dari sekarang. Jangan menunda kebaikan apalagi kebaikan untuk diri kita sendiri. ;)

Comment di sini