CiriCara: Cara Menemukan Bakat Manajerial Anda

by
January 10th, 2012 at 9:25 am

Mengetahui kekuatan dan kelemahan pribadi akan membuat Anda bersinar di tempat kerja. Begitu pula jika Anda mampu menemukan bakat manajerial Anda, maka Anda bisa mendapatkan pekerjaan yang cocok sesuai kemampuan Anda. Lalu bagaimana cara mengetahui bakat manajerial kita?

Jika sudah mengetahui bakat manajerial Anda, tentunya Anda akan lebih mudah menentukan pekerjaan apa yang cocok dengan Anda. Jika sudah cocok dengan pekerjaan tentu performa kerja Anda akan terus meningkat dan karir pasti akan sukses. Karenanya kenali bakat manajerial Anda dengan cara memahami penjelasan berikut.

1. Developing/Initiating (Melontarkan Inisiatif)
Ini adalah bakat manajerial dengan kemampuan untuk menginisiasi suatu proyek atau menemukan peluang-peluang yang sepenuhnya bersifat baru.
Ciri-ciri orang yang mempunyai bakat ini adalah. Ia akan tampak cemerlang kala mengikuti rapat brainstorming. Baik sifatnya spontan ataupun terencana, ide-ide brilian dari Anda akan mengalir keluar tanpa terbendung. Kemampuan untuk berpikir ‘out if the box’ menjadikan orang yang memiliki bakat pemecahan masalah. Bakat ini akan membuat Anda merasa pas ketika dilibatkan dalam pengelolaan sistem kerja baru, penataan kantor cabang baru atau saat diminta pendapat mengenai suatu proyek. Bagaimana apakah tanda ini apa pada Anda?

2. Planning (Membuat Perencanaan)
Seorang yang memiliki kemampuan menyusun perencanaan biasanya sekilas menampilkan kesan pesimis. Dengan cepat, ia akan mendeteksi adanya titik lemah serta kekurangan dalam suatu ide atau rencana. Namun jangan salah, dengan kecepatan yang sama pula, ia akan menemukan strategi untuk mengatasinya.
Ciri-ciri: Pembawaannya tenang, realistis, serta jauh dari kesan ‘IKDR’ alias ‘indah kabar dari realita’. Ketika melontarkan suatu usulan, itu sudah mempertimbangkan betul kekurangan dan kelebihannya sehingga tidak menyulitkan orang lain dalam implementasinya.

3. Managing (mengatur pelaksaan)
Ini adalah kemampuan yang amat berguna dalam memastikan keberhasilan suatu proyek. Mengatur supaya deadline tugas dapat dipenuhi, memastikan anak buah menuntaskan pekerjaan sesuai deskripsi tugas, serta mendelegasikan tugas secara proporsional.
Ciri-ciri: mempunyai sikap yang tegas dan tidak plinplan dalam mengambil keputusan. Selalu tepat waktu dan konsisten dengan pekerjaannya.

Setelah memahami potensi dasar Anda, maka langkah yang selanjutnya adalah meningkatkan kemampuan manajerial yang tidak terlalu dikuasai. Caranya mencari informasi dengan membaca buku atau searching di internet. Ini tentunya akan memudahkan Anda dalam mencari pekerjaan impian.

Comment di sini