CiriCara: Cara Sukses Wawancara Kerja

by
January 10th, 2012 at 1:57 am

Wawancara kerja adalah salah satu tahap penting yang harus Anda lewati agar bisa diterima bekerja di suatu perusahaan. Ini adalah kesempatan pertama bertatap muka dengan calon atasan Anda. Karenanya berilah kesan pertama yang baik saat wawancara kerja ini.

Terkadang rasa grogi atau gugup seringkali mengganggu Anda saat wawancara kerja. Tidak ingin wawancara kerja Anda gagal? Ikuti beberapa cara agar wawancara kerja sukses berikut ini:

1. Pakaian
Cobalah untuk mengenakan pakaian yang rapi dan sopan. Perhatikan betul kebersihan dan kerapian pakaian Anda. Lebih baik siapkan pakaian yang akan Anda gunakan untuk wawancara sehari sebelum wawancara kerja. Hindari mencari baju di hari wawancara, karena Anda bisa terburu-buru dan menjadi gugup saat wawancara.

2. Makan Dulu
Terkadang Anda tidak nafsu makan saat menghadapi tes wawancara kerja. Tapi ketahuilah, makan adalah suatu hal yang penting dan tidak boleh di lewatkan. Dengan perut kenyang, Anda bisa berpikir jernih ketika menjawab pertanyaan yang diajukan saat wawancara. Jadi, sarapan dulu sebelum pergi wawancara.

3. Datang Lebih Awal
Jika Anda belum tahu lokasi tempat wawancara, ada baiknya Anda datang dan mencari tahu sehari sebelumnya. Sekaligus Anda mengukur berapa lama waktu yang dibutuhkan, untuk Anda sampai ke tempat tersebut dari rumah. Datanglah lebih awal dari waktu wawancara yang telah diinformasikan. Jangan biarkan pewawancara menunggu Anda karena ini akan mengurangi nilai.

4. Bahasa Tubuh
Sapalah pewawancara saat Anda memasuki ruangan dengan senyum dan salam serta menyebut namanya. Jabat tangannya dengan erat dan percaya diri. Jabat tangan ini akan menimbulkan efek psikologis yang baik. Anda akan merasa lebih dekat dan kenal dengan si pewawancara.

Selama wawancara, hindari sikap tubuh yang memberi kesan kurang baik. Seperti duduk bungkuk, tangan menggenggam dudukan kursi, garuk-garuk kepala, tampak tegang, atau bahkan menguap. Sebaiknya Anda harus tampil segar, ramah, duduk tegak dan santai tidak perlu gugup.

5. Tutur Bahasa
Tutur bahasa juga menjadi penilaian dalam wawancara kerja. Hindari penggunaan kata-kata yang di luar etika, sebaiknya gunakan istilah-istilah yang bersifat intelektual dan modern.

6. Setelah wawancara
Sebelum meninggalkan ruangan, tanyakan pada pewawancara kapan kira-kira Anda dihubungi selanjutnya. Jika sampai saat itu Anda belum dihubungi, ke mana Anda harus bertanya mengenai hasil wawancara ini. Anda tentunya tidak ingin berlama-lama harap-harap cemas menanti hasil, bukan?

Itulah trik dan tips menjalani wawancara kerja agar bisa lolos dalam tes. Perhatikan keenam hal tersebut saat kamu mendapatkan undangan untuk wawancara kerja. Semoga sukses!! :)

Comment di sini