Tips Kendalikan Anggaran Belanja Keluarga Agar Tidak Boros

by
January 10th, 2012 at 4:05 am

Keuangan menjadi salah satu faktor yang berpengaruh dalam kebahagiaan rumah tangga. Karenanya banyak orang tua yang menabung dan mengajarkan anak-anaknya untuk menabung sejak kecil. Jika keuangan keluarga baik maka masa depan keluarga pun akan baik.

Menabung bisa menjadi salah satu solusi agar keuangan keluarga tetap aman dan Anda bisa pensiun dengan tenang. Namun, tidak semua orang yang bisa menjalani kebiasaan baik ini. Lalu bagaimana caranya agar kita bisa memelihara keuangan keluarga dengan baik? Berikut ini ada beberapa tips yang bisa Anda coba:

1. Kendalikan pemasukan dan pengeluaran
Setiap orang tentu punya pos pemasukan dan pengeluaran masing-masing. Buatlah catatan khusus milik Anda pribadi berisi apa saja rencana pemasukan dan pengeluaran rutin Anda dalam sebulan, dan setahun. Demikian setiap Anda melakukan pengeluaran, catatlah di buku tersebut.

Dengan menggunakan buku itu, Anda bisa melakukan review setiap minggu (atau bahkan bisa setiap hari) terhadap pengeluaran Anda, apakah pengeluaran tersebut benar-benar diperlukan atau tidak. Dengan begitu pengeluaran Anda bisa lebih ditekan lagi.

2. Menabung di awal, bukan di akhir
Saat Anda membuat rencana pengeluaran, buatlah alokasi khusus untuk menabung terlebih dahulu. Maka di akhir bulan jika masih ada sisa, Anda bisa memperbesar tabungan Anda. Menabung sisa belanja diakhir bulan adalah strategi menabung yang kurang baik. Karena dengan demikian Anda tidak terbiasa menetapkan target menabung, sehingga Anda tidak merasa rugi saat Anda berada di akhir bulan tanpa sisa.

3. Perhitungkan dengan cermat sebelum membeli
Banyak orang menyesal telah membeli sesuatu setelah sampai di rumah. Sebaiknya, sebelum membali suatu barang, Anda pikirkan baik-baik apakah barang itu dibutuhkan atau tidak. Ingat Anda sudah berkeluarga dan itu artinya keuangan Anda adalah milik bersama. Jadi cermatlah dalam membeli suatu barang.

4. Belilah barang produktif, bukan barang komunikatif
Jika Anda akan membeli sesuatu untuk dijual kembali atau untuk membantu Anda menjadi produktif (menghasilkan uang), maka Anda boleh membelinya. Namun jika Anda membeli sesuatu hanya untuk dihabiskan atau hanya untuk kesenangan, maka pertimbangkanlah kembali.

Dengan melakukan keempat hal itu, keuangan keluarga Anda pasti akan terjaga dengan baik. Jika keuangan keluarga baik maka, masa depanpun akan menjadi lebih baik. Jadi, pertimbangkanlah dengan matang saat Anda akan berbelanja. :)

Comment di sini