CiriCara: Cara Berhemat Uang Saat Belanja

by
January 11th, 2012 at 7:44 am

Menghemat pengeluaran keuangan Anda adalah salah satu cara agar masa depan lebih terjamin. Namun, tidak semua orang bisa menekan anggaran belanja dan menghemat uang mereka. Lalu apa yang harus dilakukan jika kita ingin berhemat uang?

Menghemat uang sebenarnya mudah, asalkan Anda benar-benar serius ingin berhemat. Cara yang paling mudah untuk berhemat uang adalah mengontrol keinginan Anda berbelanja. Tapi apa yang harus dilakukan jika tidak bisa menahan hasrat berbelanja Anda? Tenang berikut ada beberapa cara agar Anda tetap hemat uang meski hobi berbelanja:

1. Carilah barang yang harganya murah
Jika Anda ingin berlenja, sebaiknya belilah barang yang harganya murah. Tidak perlu membeli barang yang harganya mahal, murah asalkan kualitasnya lumayan tidak ada salahnya Anda membelinya. Dengan begitu Anda tidak perlu mengeluarkan budget lebih untuk belanjaan Anda ini.

2. Bawa uang tidak berlebih
Cara ini akan membantu Anda menghindari belanja suatu barang yang sebelumnya belum direncanakan. Jika uang yang Anda bawa hanya cukup untuk membeli barang yang dibutuhkan saja, maka Anda tidak akan membeli barang lain. Agar tidak belanja berlebih, hindari membawa kartu kredit dan kartu ATM anda.

3. Jangan membeli barang dengan cara mencicil (kredit)
Sekarang banyak sekali produsen yang menawarkan paket cicilan untuk menjual barang dagangannya. Sebaiknya hindari sistem seperti ini, jika memang butuh lebih baik beli secara kes saja. Karena pada dasarnya sistem cicil atau kredit ini hanya akan menambah mahal harga barang yang ingin dibeli. Anda juga akan merasa terbebani setiap bulannya.

4. Jangan mudah berhutang
Terkadang orang lupa membawa dompet, kartu ATM atau kartu kredit saat belanja. Sebaiknya situasi seperti ini jangan Anda manfaatkan untuk meminjam kepada sahabat atau teman. Selain memalukan, meminjam uang pada seseorang ini bisa menjadikan Anda ketagihan. Karena bisa saja tanpa terasa ternyata Anda sudah punya hutang yang banyak, jadi jangan biasakan diri untuk berhutang.

5. Menabung
Cara yang paling ampuh dan paling umum digunakan untuk menghemat uang adalah menabung. Dengan menabung Anda akan mempunyai cadangan uang yang bisa digunakan di saat mendesak atau untuk tabungan masa pensiun Anda. Jadi, belajarlah untuk menabungkan separuh atau sisa gaji Anda mulai dari sekarang. ;)

Inilah lima langkah mudah yang bisa digunakan sebagai cara untuk menghemat uang Anda. Jika Anda melakukan kelima cara ini maka anggaran belanja Anda akan tetap aman. Silahkan mencoba!!! :)

Comment di sini