CiriCara: Cara Mengelola Keuangan Keluarga Dengan Tepat

by
January 11th, 2012 at 4:27 am

Dalam kehidupan berumah tangga kita harus pandai-pandai dalam mengelola keuangan keluarga. Namun tidak semua keluarga bisa mengelola keuangan keluarganya dengan baik. Mereka kesulitan dan menganggap mengelola kuangan keluarga adalah yang rumit dan membuat frustasi. Benarkah?

Mengelola keuangan keluarga sebenarnya mudah, asalkan Anda sudah tahu caranya. Agar keuangan keluarga bisa dikelola dengan baik maka, ikutilah beberapa cara berikut ini:

1. Penuhi seluruh kebutuhan Anda
Kebutuhan yang dimaksud di sini tentu saja kebutuhan vital untuk jangka panjang. Seperti asuransi, pendidikan anak hingga dana pensiun. Dana yang di salurkan ini akan bermanfaat untuk masa depan Anda. Tapi sebaiknya pilih perusahaan asuransi yang benar-benar dapat dipercaya.

2. Berbelanja dengan bijak
Berbelanjalah hanya sebatas kemampuan penghasilan Anda. Serta belilah barang yang memang benar-benar Anda dan keluarga butuhkan. Hati-hati membuka fasilitas kredit, segera lunasi tagihan dan cicilan karena bisa membebani Anda dan pengeluaran biaya yang lebih besar. Anda harus bisa membedakan antara keinginan dan kebutuhan.

3. Berinvestasi
Lakukan perencanaan keuangan keluarga dengan menyisihkan sebagian penghasilan Anda untuk berinvestasi. Investasikan uang Anda di saham, reksadana, properti, deposito, atau gabungan di antaranya. Uang atau penghasilan Anda akan berkembang jika menginvestasikan sebagian penghasilan Anda di tempat yang tepat. Untuk berjaga-jaga Anda bisa menabung sendiri uang sisa investasi.

4. Rajin membuat budget
Menabung untuk hari tua, kira-kira itulah prinsip dari pengelolaan keuangan keluarga. Semua daftar belanja untuk kepentingan keluarga harus masuk dalam perencanaan budget. Ini akan membantu Anda dalam memperkirakan anggaran belanja selama satu bulan, apakah ada sisa atau tidak.

5. Berikan pemahaman keuangan untuk seluruh anggota keluarga
Siapa bilang urusan keuangan adalah urusan orang tua saja. Cobalah untuk memberikan pengertian kepada anak-anak mengenai keuangan keluarga. Mungkin Anda bisa mengajarkannya menabung, tidak minta yang aneh-aneh, dan ajari mereka hidup sederhana. Dengan demikian keuangan keluarga akan lebih terjaga dan anggaran belanja bisa lebih ditekan.

Pengelolaan keuangan yang baik tidak akan membuat Anda jatuh miskin, tapi justru membantu Anda hidup lebih nyaman dan bahagia di hari tua nanti. Karenanya cobalah untuk mengelola keuangan keluarga Anda dengan baik. Selamat menyusun rencana keuangan keluarga Anda! :)

Comment di sini