6 Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Pacaran Sama Teman Kantor

by
January 12th, 2012 at 8:22 am

Jatuh cinta tidak mengenal suasana, dimana dan dengan siapa. Makanya kemungkinan jatuh cinta dengan teman sekantor itu tetap ada. Tapi, apakah menjalin asmara dengan teman kantor itu tidak akan menambah efek buruk untuk kinerja dan karir kita?

Hubungan asmara dengan teman satu kantor adalah salah satu hubungan yang paling berisiko. Selain berpotensi menyalahi aturan kantor, kamu juga akan jadi sasaran empuk para penggosip di kantor. Apalagi jika hubungan kamu itu ternyata putus di tengah jalan, kamu akan terus-terusan sakit hati karena setiap hari selalu bertemu dengan mantan.

Agar terhindar dari hal-hal menakutkan tersebut, ada baiknya perhatikan beberapa hal penting sebelum berpacaran dengan teman sekantor berikut. Simak baik-baik!

1. Ketahui aturan kantor
Beberapa perusahaan melarang pernikahan sesama karyawan. Jika mereka menikah, maka salah satu dari mereka harus keluar dari perusahaan. Berpacaran mungkin masih dibolehkan, namun ada baiknya Anda mengecek ulang kebijakan perusahaan. Ketahui apa sanksi yang akan dikenakan bagi sesama karyawan yang menjalin hubungan. Jika resikonya dipecat, sebaiknya pikir ulang dahulu.

2. Hindari bermesraan di kantor
Jika tidak ingin hubungan kamu diketahui oleh teman-teman kantor, maka hindarilah bermesraan di lingkungan kantor. Apalagi jika di kantor tempat kamu bekerja terdapat kamera tersembunyi. Sebaiknya hati-hati agar karir kamu tetap aman. :)

3. Beri tahu yang lain atau jangan?
Ini keputusan yang harus disepakati oleh kamu dan pasangan. Namun untuk menghindari jadi topik gunjungan, sebaiknya akui saja secara terbuka bahwa Anda berdua memang berpacaran. Itu jika terpaksa. :)

4. Beri tahu atasan
Jika kamu dan pasangan sudah mulai serius dalam menjalin hubungan, segeralah beri tahu kabar ini kepada atasan kamu. Kamu bisa menyampaikan ke HRD atau atasan kamu yang lain mengenai hubungan itu, terutama jika kamu dan pasangan menempati divisi yang berbeda yang dapat menyebabkan konflik kepentingan.

5. Jangan bawa-bawa masalah pribadi ke kantor
Saat di kantor, kamu dan pasangan adalah rekan kerja bukan pasangan. Karenanya bersifatlah profesional dalam bekerja. Jangan pernah meributkan masalah asmara kamu dengan pasangan di kantor, tunggu sampai jam pulang kantor untuk ribut dengan pasangan.

6. Siapkan mental jika hubungan harus berakhir
Tidak ada yang akan tahu hubungan asmaranya akan berjalan lancar atau malah putus di tengah jalan. Putus cinta dengan teman kerja jauh lebih sulit dari putus cinta biasa. Apalagi setiap hari kamu akan bertemu dengan mantan di kantor. Karenanya siapkan mental kamu dalam menghadapi kemungkinan yang satu ini. Jangan sampai hanya karena putus cinta, lalu kamu mengundurkan diri dan menghancurkan karir kamu.

Itulah enam hal yang perlu diperhatikan sebelum kamu memutuskan untuk pacaran dengan teman kantor. Karena ini bukan hanya menyangkut masalah hati, tapi juga menyangkut masa depan kamu. Khususnya kelangsungan karir kamu. Jadi, waspadalah… ;)

Comment di sini