Bahan Alami Untuk Membuat Scrub Sendiri

Menggosok tubuh dengan butiran scrub harus dilakukan seminggu atau dua minggu sekali. Scrub berfungsi untuk menghilangkan sel kulit mati sehingga membuat kulit lebih lembut, halus dan lebih bercahaya.

Agar aman, pilihlah scrub yang benar-benar terbuat dari bahan alami. Tapi lebih aman lagi jika Anda mebuatnya sendiri di rumah. Belum tahu cara membuat scrub alami? Berikut ada beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk membuat scrub alami. Simak baik-baik yah!! :)

1. Gula
Butiran gula dapat mengangkat kotoran tubuh secara sempurna. Caranya dengan mencampur gula putih (pasir) dengan minyak zaitun, tambahkan minyak esensial untuk menambah aroma. Gosoklah di kulit dengan gerakan melingkar. Biarkan selama 1 menit sebelum membilasnya, agar campuran gula dapat menyerap di tubuh. Setelah  itu bilas dengan air hangat.

2. Havermut
Selain gula, havermut (oatmeal) juga dapat membersihkan kulit Anda dari kotoran dan kulit mati. Campur 3 sendok makan havermut dengan 2 sendok makan madu dan 1 sendok makan sari cuka apel. Aplikasikan scrub di tubuh dan wajah sambil menggosoknya selama 15 menit. Setelah itu bilas dengan air hangat.

3. Garam
Garam juga terkenal sebagai scrub alami yang dapat menyingkirkan sel kulit mati, menjadikan kulit lebih lembut dan melancarkan sirkulasi peredaran darah. Campurkan garam laut (pilih yang butirannya kasar) dengan ½ cangkir minyak zaitun. Gosokkan campuran pada tubuh dengan gerakan melingkar. Hindari untuk daerah wajah. Butiran garam yang terlalu kasar dapat melukai kulit wajah.

4. Teh Hijau
The hijau mengandung antioksidan yang dapat merawat kulit agar tidak cepat keriput. Selain itu teh hijau juga bermanfaat sebagai anti-inflamasi yang bagus untuk kulit sensitif dan berjerawat. Anda bisa menambahkan daun teh hijau kering dalam campuran scrub alami.

Itulah empat bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk membuat scrub alami. Buat apa bingung memilih dan membeli scrub di luar, kalo Anda juga bisa membuatnya sendiri. Yang pasti scrub buatan Anda sudah terjamin terbuat dari bahan alami dan yang pasti aman tidak akan menimbulkan efek samping.

Ok, selamat mencoba. ;)


comments powered by Disqus

Leave a Reply