CiriCara: Cara Alami Atasi Rambut Berketombe

by
January 12th, 2012 at 9:47 am

Memiliki masalah dengan ketombe memang menyebalkan. Selain membuat rambut rusak dan menimbulkan gatal, ketombe juga merusak keindahan rambut Anda. Tentunya Anda tidak ingin hal ini terus terjadi bukan, tapi apa yang harus dilakukan?

Sekarang banyak sekali produk shampo yang mengklaim bisa digunakan untuk menghilangkan ketombe. Namun tidak semua shampo itu cocok untuk rambut Anda. Karenanya, jika shampo anti ketombe Anda tidak bisa mengatasi masalah ini, cobalah cara lain.

Berikut beberapa cara alami untuk menghilangkan masalah ketombe di rambut Anda. Perhatikan baik-baik yah!

1. Chamomile Tea
Kulit kepala yang sensitif membuat kulit kepala Anda mudah terkelupas, hal inilah yang menyebabkan timbulnya ketombe. Kulit kepala yang sensitif rata-rata mengalami kekeringan sehingga yang perlu Anda lakukan adalah menenangkan dan melembabkan kulit kepala Anda.

Chamomile tea dipercaya memiliki efek anti-inflamasi dan memberikan ketenangan. Caranya, cucilah rambut Anda menggunakan shampo netral, kemudian pakailah kondisioner. Bilas menggunakan air sampai bersih, kemudian bilas lagi menggunakan teh chamomile dingin.

2. Sage Tea
Sage tea ini memberikan efek untuk memerangi jamur dan bakteri pada kulit kepala Anda. Sage tea juga mengandung minyak esensial yang berfungsi mengurangi ketombe dan memperbaiki rambut yang rusak. Caranya, cucilah rambut Anda terlebih dahulu menggunakan shampo netral, kemudian bilas. Pakailah kondisioner dan bilas menggunakan air hangat sampai bersih. Langkah terakhir, bilaslah rambut Anda menggunakan sage tea dingin.

3. Tea Tree Oil
Kelebihan minyak pada kulit kepala juga salah satu penyebab munculnya ketombe. Minyak yang terbuat dari pohon teh, mampu mengontrol minyak pada kulit kepala Anda. Caranya, campurlah tea tree oil dengan lidah buaya dengan perbandingan 1:1. Gunakan campuran tersebut sebagai minyak rambut Anda. Sebaiknya pakai campuran tersebut, jika memang Anda tidak berencana keluar rumah. Oleskan minyak ini di pagi hari, dan cucilah rambut di sore hari ketika Anda mandi.

4. Minum Air Putih Secukupnya
Tidak hanya kulit tubuh saja yang akan bereaksi ketika Anda dehidrasi, kulit kepala juga akan mengalami kekeringan dan sel kulit mati akan bertambah dalam jumlah cukup besar. Hal ini juga dapat memicu timbulnya ketombe. Jadi, minumlah air putih secukupnya agar terhindar dari dehidrasi dan masalah kulit lainnya.

5. Baking Soda atau Soda Kue
Jamur dan bakteri adalah penyebab rambut berketombe. Soda kue yang terdiri dari natrium bikarbonat mampu meningkatkan PH kulit kepala Anda, yang akan membuat kulit kepala lebih asam sehingga jamur dan bakteri tidak akan betah berlama-lama di sana. Caranya, cucilah rambut Anda dengan shampo, kemudian bilas. Selanjutnya cucilah rambut Anda menggunakan baking soda bilaslah sampai bersih.

6. Mengonsumsi Bawang
Jamur dan bakteri sangat suka dengan tempat yang kadar asamnya rendah. Jika Anda suka makanan manis dan mengandung banyak gula, bisa saja hal ini berpengaruh pada pertumbuhan jamur dan bakteri di kepala. Untuk itu konsumsilah bawang.

Bawang dipercaya mampu menurunkan kadar gula dalam darah. Selain terhindar dari berbagai penyakit gula, Anda juga bisa meminimalkan ketombe pada kepala Anda sekaligus menjauhkan diri Anda dari infeksi jamur vagina. Selamat mencoba!! :)

Comment di sini