CiriCara: Cara Menghaluskan Tumit Kaki Yang Pecah-pecah

Bagian telapak kaki merupakan daerah yang sering luput dari perawatan. Akibatnya tidak jarang tumit kaki menjadi kasar dan bahkan pecah-pecah. Anda tentu akan malu saat teman-teman Anda melihat tumit Anda itu. Lalu apa yang harus dilakukan agar tumit kaki bisa halus kembali?

Tumit kaki yang pecah-pecah bisa disebabkan oleh banyak faktor. Umumnya, karena kulit kering dan mengeras di sekitar pergelangan kaki bagian belakang hingga tumit. Namun untuk mengatasinya Anda tidak perlu khawatir.

Berikut ada beberapa cara untuk menghaluskan kembali tumit kaki yang pecah-pecah yang bisa And coba.

1. Rendam kaki
Pertama-tama yang bisa Anda lakukan adalah merendam kaki di air hangat yang telah dicampurkan dengan potongan lemon, garam kasar serta minyak esensial. Bahan-bahan tersebut bermanfaat untuk mengurangi kotoran di kaki dan melembutkan tumit yang kasar.

2. Gosok dengan batu apung
Setelah itu, gosok telapak kaki hingga tumit kaki menggunakan batu apung. Lakukan penggosokkan dengan arah memutar. Cara ini akan menghaluskan kulit dan menghindari iritasi.

3. Oleskan lotion
Setelah proses penggosokan, oleskan pelembab atau lotion untuk memberi kelembaban di sekitar kulit telapak kaki. Gunakan lotion yang mengandung AHA (Alpha Hydroxyacid) atau Anda bisa mengoleskan petroleum jelly.

4. Membungkus dengan kaus kaki
Terakhir, bungkuslah kaki dengan kaus kaki. Hal tersebut untuk membuat kaki menyerap nutrisi dari lotion kaki dan membuat kaki menjadi lebih lembab.

5. Jangan menggunakan sepatu yang sempit
Jangan memakai sepatu yang terlalu sempit karena bisa menyebabkan kulit retak atau pecah-pecah. Jika Anda memiliki berat badan berlebih, hindari sepatu dengan hak tinggi. Anda bisa menggunakan bantalan tumit untuk melindungi tumit dari tekanan sepatu yang terlalu keras.

6. Pakai sandal saat di rumah
Saat di rumah sebaiknya Anda menggunakan sandal atau sleepers saja. Hal ini digunakan untuk mencegah tumit yang pecah-pecah terkena partikel debu di lantai.

Itulah enam cara yang bisa Anda lakukan untuk menghaluskan tumit kaki yang pecah-pecah. Jadi tunggu apalagi, langsung saja dicoba. Semoga sukses. :)


comments powered by Disqus

Leave a Reply