CiriCara: 5 Cara Bertahan di Pekerjaan Baru

by
January 16th, 2012 at 1:51 am

Anda tentu merasa senang karena sudah mendapatkan pekerjaan yang baru. Tapi jangan besar kepala dulu, karena belum tentu Anda bisa bertahan di pekerjaan yang baru itu. Karena untuk adaptasi dengan lingkungan baru itu tidak mudah. Lalu apa yang sebaiknya dilakukan?

Jika Anda ingin bisa bertahan dan merasa betah dengan pekerjaan baru Anda, maka cepat-cepatlah beradaptasi. Banyak hal yang perlu kamu pelajari di tempat baru, agar tidak tersandung masalah.

Anda harus mulai belajar mengingat nama rekan kerja yang baru, nama atasan, hingga peraturan perusahaan. Dengan begitu Anda akan terhindar dari masalah yang tidak sengaja dilakukan karena sudah tahu peraturannya. Anda juga akan dikenal sebagai pekerja yang baik oleh rekan-rekan Anda.

Sebenarnya ada dua kesalahan utama yang kerap dilakukan karyawan baru. Pertama, kegagalan untuk menyesuaikan diri dengan budaya perusahaan dan kedua, malu bertanya. Karenanya agar Anda tidak melakukan kesalahan tersebut, berikut ada beberapa cara yang bisa membantu Anda untuk bertahan hidup di tempat kerja baru.

1. Menghargai budaya perusahaan.
Ikuti budaya dan aturan yang diterapkan tempat kerja yang baru. Misalnya, jangan melanggar jika ada kewajiban mengenakan seragam kantor. Jangan mentang-mentang baru, lantas tidak mau mengenakan seragam.

2. Open mind.
Buka mata dan pikiran Anda. Ini akan membantu Anda lebih akrab dengan teman-teman atau rekan kerja Anda yang baru. Pada tahap awal bekerja, usahakan untuk membuka diri. Rebut kepercayaan dan respek dari rekan satu tim.

3. Pelajari dengan seksama tugas utama kamu.
Tanyakan secara mendetail dengan atasan, soal tugas utama dan prioritas yang harus dilakukan oleh Anda. Cari tahu juga soal prosedur kerja, dan evaluasi kerja. Ini akan memudahkan Anda dalam mengerjakan pekerjaan baru Anda.

4. Jangan malu bertanya.
Jika Anda menemui masalah, jangan pernah malu bertanya. Karena itu hanya akan membuat Anda tambah bingung dan akhirnya melakukan kesalahan. Anda bisa bertanya kepada atasan langsung atau rekan kerja yang lebih senior.

5. Jangan segan minta penilaian.
Memang evaluasi resmi baru akan dilakukan beberapa bulan kemudian, tapi tak ada salahnya kamu meminta atasan untuk memberikan penilaian pada bulan pertama, secara informal. Anda bisa mendiskusikan apa yang kurang dari kinerja kamu dan apa solusinya.

Jika Anda mau menerapkan lima cara tersebut, dijamin Anda akan bisa cepat berkembang di tempat kerja baru dan Anda lebih mengenali tempat baru tersebut. Tentunya ini akan membuat kinerja dan karir Anda membaik. Jadi, silahkan mencoba dan semoga sukses! :)

Comment di sini