CiriCara: 6 Cara Agar Bisa Berhemat dan Menabung

by
January 17th, 2012 at 9:47 am

Berhemat sehingga bisa menyisihkan uang untuk ditabung memang hal yang sulit untuk dilakukan. Banyaknya pengeluaran untuk kebutuhan sehari-hari, membuat Anda sulit untuk menyisihkan sedikit uang Anda untuk menabung. Tapi jika seperti ini terus, Anda tidak akan siap menghadapi masa depan dengan biaya yang lebih mahal.

Terkadang uang penghasilan Anda juga tidak cukup untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari. Sehingga muncul masalah keuangan yang dapat mempengaruhi kesehatan fisik dan mental Anda. Lalu, apa yang sebaiknya dilakukan?

Tenang, mungkin cara menghemat berikut bisa membantu Anda dalam melaksanakan usaha untuk menabung. Anda hanya perlu melakukan perubahan sederhana yang bisa dilakukan agar bisa berhemat dan menabung. Simak baik-baik yah!

1. Jual barang-barang lama
Jika Anda ingin berhemat dan mendapatkan uang tahambahan, tidak ada salahnya kalau Anda mulai menjual barang-barang bekas yang sudah tidak dipakai. Untuk barang yang dijual dengan harga yang signifikan, maka Anda dapat menjualnya melalui website penjualan seperti kaskus atau tokobagus. Dengan begitu Anda akan mendapatkan uang tambahan dari hasil penjualan barang tersebut dan bisa menabung.

2. Membuat anggaran belanja
Membuat anggaran belanja merupakan cara yang sederhana bagaimana menghabiskan uang Anda dengan lebih disiplin. Anda dapat mengetahui rencana pengeluaran lebih jelas. Sehingga nantinya Anda tidak perlu terlibat hutang dan dapat menyisihkan uang untuk ditabung.

3. Membuat catatan belanjaan
Ketika Anda ingin pergi ke mal atau ke supermarket untuk belanja bulanan, pastikan Anda membuat catatan belanja terlebih dahulu. Jangan lupa untuk makan dulu sebelum belanja agar nanti Anda tidak perlu membeli makanan di restoran. Jangan membawa anak-anak saat Anda belanja. Hal tersebut untuk menghindari adanya pengeluaran tak terduga.

4. Belanja saat diskon atau melalui online shop
Berbelanja saat diskon merupakan salah satu cara dimana Anda dapat membeli pakaian dengan model terbaru tanpa harus membayar dengan harga mahal. Selain itu, online shop juga bisa membantu Anda berbelanja irit karena tidak perlu mengeluarkan uang untuk ongkos. Tapi, sebaiknya pilih online shop yang benar-benar bisa dipercaya.

5. Jika bisa, buatlah sendiri
Dari pada pergi ke kedai kopi yang harganya lebih mahal, mendingan Anda buat kopi sendiri saja. Prinsip “jika bisa, buatlah sendiri” ini akan membantu Anda dalam berhemat khususnya untuk konsumsi. Karena membuat sendiri lebih murah dibandingkan membeli yang sudah jadi.

6. Bersenang-senang secara hemat
Jika Anda dan sekeluarga gemar menonton film untuk hiburan, lebih baik beli saja kaset DVD di rumah. Dengan begitu Anda dan sekeluarga bisa bersenang-senang tanpa perlu pergi ke bioskop. Karena bisa jadi saat ke bioskop Anda lapar, ingin membeli camilan dan membeli barang terbaru. Ini hanya akan memboroskan uang saja.

Ingat menabung bukan semata-mata untuk mengumpulkan uang saja. Tapi, dengan menabung kita akan mendapatkan masa depan yang lebih terjamin. Jadi, menabunglah untuk masa depan Anda sedini mungkin. :)

Comment di sini