CiriCara: Cara Membuat Kesan Pertama yang Baik di Kantor

by
January 17th, 2012 at 8:16 am

Ketika baru pertama kali masuk kantor, sebagai karyawan baru Anda sebaiknya memberikan kesan yang baik. Kesan pertama baik ini penting untuk memudahkan Anda dalam berinteraksi dan besosialisasi dengan atasan atau rekan kerja. Jadi, berilah kesan pertama yang baik di hari pertama masuk kerja.

Sebagai karyawan yang baru, Anda seharusnya dapat bersikap baik. Karena ini adalah penilaian pertama Anda. Masih belum tahu cara untuk menciptakan kesan yang baik saat pertama masuk kerja? Tenang, berikut ada beberapa tips untuk Anda.

1. Jangan banyak berbicara
Sebagai karyawan yang baru, tentu Anda tidak begitu tahu soal tempat kerja baru. Jadi, jangan banyak bicara seolah-olah Anda tahu segalanya. Lebih baik Anda diam dan dengarkan cerita rekan kerja Anda mengenai kantor baru Anda. Dengan begitu pengetahuan Anda mengenai tempat kerja baru bisa bertambah.

2. Jadilah diri sendiri apa adanya
Tentu Anda ingin tampil sempurna di saat hari pertama masuk kerja. Tapi, Anda tidak perlu berdandan dengan meniru gaya orang lain. Berusahalah untuk menampilkan diri Anda apa adanya, jangan menjadi orang lain. Dengan begitu Anda pasti akan lebih dihargai meski Anda adalah karyawan baru.

3. Sebut nama lawan bicara Anda
Jika Anda mengobrol dengan rekan kerja yang belum begitu dekat dengan Anda, jangan menyebutnya dengan nama “kamu”. Namun sebutlah nama lawan bicara Anda tersebut. Cara ini akan membuat lawan berbicara Anda akan merasa istimewa layaknya seperti Anda terbisasa dengan mereka.

4. Rendah hati
Berusahalah untuk menjadi orang yang rendah hati dan membiarkan orang lain tahu bahwa Anda menganggap diri Anda manusia biasa yang memiliki kekurangan. Ini akan sangat membantu Anda terlihat ramah sehingga mudah diterima oleh karyawan senior.

5. Menghargai lawan bicara
Apabila sedang berinteraksi dengan rekan kerja, jangan pernah Anda menunjukkan ekspresi wajah netral atau tidak tertarik dengan topik pembicaraan yang dilontarkan rekan kerja. Karena salah satu cara terbaik untuk membuat kesan pertama yang baik itu dengan menghargai lawan bicara Anda.

Itulah lima cara yang bisa kamu gunakan untuk menciptakan kesan yang baik di hari pertama masuk kerja. Jangan biarkan Anda dicap sebagai karyawan yang menyebalkan di hari pertama. Karena itu akan mempengaruhi kinerja Anda. :)

Comment di sini