3 Tips Mencari Pekerjaan Untuk Pengangguran

by
January 18th, 2012 at 7:38 am

Terlalu lama menganggur pasti akan lebih sulit mendapatkan pekerjaan dibanding dengan mereka yang menganggur karena keluar kerja. Apalagi banyak perusahaan yang hanya menerima pegawai berpengalaman saja. Kalau sudah begini, apa yang harus dilakukan?

Bagi Anda yang sama sekali belum punya pengalaman dan belum pernah bekerja, tentu cukup kebingungan dalam mencari kerja. Tapi bukan berarti tidak ada jalan keluarnya untuk tidak lagi menjadi pengangguran. Meski sulit, berikut ada beberapa tips mencari kerja yang bisa membantu Anda terlepas dari pengangguran. Simak baik-baik yah!

1. Ambil pekerjaan apapun posisinya
Untuk mengawali karir, janganlah Anda langsung berharap untuk bekerja di perusahaan yang besar dan terkenal. Ketahuilah, yang sekarang Anda cari bukanlah nama perusahaan yang terkenal tapi pengalaman kerja. Jadi, ambil kesempatan kerja apapun asalkan Anda merasa bisa mengerjakannya. Ini adalah awal untuk Anda, walaupun hanya menjadi staf bawahan atau bahkan tukang bersih-bersih pasti ada saatnya nanti Anda akan berada di atas. Jadi jangan buang kesempatan ini. ;)

2. Menjadi relawan atau ikut program magang
Anda tidak mendapatkan suatu pekerjaa dalam waktu yang lama? Sebaiknya Anda mencoba untuk menjadi seorang relawan atau dapat juga mengikuti program magang terlebih dahulu dalam suatu perusahaan. Meski tidak akan mendapatkan bayaran, setidaknya Anda bisa mendapatkan pengalaman. Ini akan membantu Anda saat melamar di perusahaan lainnya. Mungkin saja perusahaan tempat Anda magang juga bisa merekrut Anda karena melihat kinerja Anda yang baik.

3. Ceritakanlah pengalaman Anda
Salah satu cara terbaik untuk menjadi seorang kandidat yang dapat dipertimbangkan oleh suatu perusahaan yaitu dengan menjelaskan apa pekerjaan Anda sebelumnya. Ceritakanlah pengalaman Anda selama ini. Meskipun Anda adalah seorang pengangguran yang belum pernah bekerja sebelumnya atau belum pernah menjadi seorang relawan, akan tetapi Anda dapat menjelaskan bagaimana kegiatan Anda selama Anda menganggur.

Jangan segan untuk menceritakan kegiatan-kegiatan ataupun tugas dan pekerjaan yang selama ini Anda lakukan. Karena ini bisa menjadi salah satu nilai plus untuk Anda saat melamar pekerjaan. Tapi ingat, sebaiknya ceritakan hal-hal yang baik saja.

Selamat mencoba dan semoga sukses!! :)

Comment di sini